logo rilis

Lebih dari 500 Pelari Ramaikan 'Batik Run' di Sampit
Kontributor
Elvi R
14 Oktober 2018, 17:42 WIB
Lebih dari 500 Pelari Ramaikan 'Batik Run' di Sampit
ILUSTRASI: Istimewa

RILIS.ID, Sampit— Lebih dari 500 pelari pemula dan profesional dari sejumlah daerah di Kalimantan Tengah meramaikan acara 'Batik Run' atau lari menggunakan batik yang dilaksanakan di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur.

"Kami dari pemerintah daerah sangat mengapresiasi kegiatan ini karena sangat positif bagi masyarakat. Kami bahkan mendorong, diadakan kegiatan berskala lebih besar lagi, khususnya saat peringatan hari ulang tahun Kotawaringin Timur pada 7 Januari nanti," kata Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Publik Sekretariat Daerah Kotawaringin Timur, H Dedy Purwanto di Sampit, Minggu (14/10/2018).

Kegiatan yang digagas AMRunners itu dipusatkan di area Parkir Citimall Sampit. Peserta berlari menempuh jarak empat kilometer dengan rute dari Citimall menuju Bundaran Balanga, kemudian kembali ke Citimall Sampit.

Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan pehobi olahraga lari ikut memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober lalu. Sesuai tema kegiatan yaitu 'Batik Run', maka peserta dibekali slayer bermotif batik yang dipakai di kepala, leher, tangan atau baju.

Menurut Dedy, pemerintah daerah sangat mendukung kegiatan positif seperti ini. Olahraga salah satu cara untuk mengarahkan generasi muda pada kegiatan positif sehingga terhindar dari kegiatan negatif seperti kenakalan remaja, pergaulan bebas, narkoba dan lainnya.

Dedy mengaku senang karena kegiatan ini juga diikuti pelari dari luar daerah. Secara tidak langsung kegiatan ini sejalan dengan program pemerintah daerah memperkenalkan Sampit sebagai kota tujuan wisata di Kalimantan Tengah.

"Kegiatan positif seperti ini tentu harus kita dukung. Apalagi kali ini juga mengangkat tema batik yang merupakan salah satu karya budaya Indonesia yang sudah diakui dunia. Kegiatan ini membawa dampak yang bagus bagi masyarakat, khususnya menggugah kembali kecintaan terhadap batik dan olahraga lari," kata Dedy.

Ketua AMRunners Sampit, Stevani Susanto mengaku senang karena pelari selalu antusias mengikuti kegiatan. Sebelumnya, pihaknya juga menggelar kegiatan serupa bertajuk 'Fun Run' dengan jarak tempuh sejauh dua kilometer.

"Kami terus mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat, diantaranya melalui olahraga lari karena murah meriah. Kali ini juga mengangkat tema batik untuk memperingati Hari Batik Nasional," kata Stevani.

Stevani mengatakan, panitia membatasi peserta hanya sebanyak 500 orang karena alasan kemampuan panitia melakukan persiapan. Dia memohon maaf kepada pelari yang tidak sempat mendaftar karena panitia membatasi jumlah peserta.

Peserta tidak hanya berasal dari Sampit dan sekitarnya, tetapi juga dari daerah lain seperti Kota Palangka Raya, Kabupaten Kotawaringin Barat dan Seruyan. Sebaliknya, dalam waktu dekat komunitas pelari Kotawaringin Timur juga akan mengikuti kegiatan serupa untuk memenuhi undangan komunitas pelari di daerah lain.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)