logo rilis
Lebaran 2018, Petugas Damkar Bakal Ikut Turun ke Jalanan
Kontributor
Andi Mohammad Ikhbal
12 Juni 2018, 10:02 WIB
Lebaran 2018, Petugas Damkar Bakal Ikut Turun ke Jalanan
Mendagri Tjahjo Kumolo bersama jajaran petugas Damkar. FOTO: Dok Kemendagri.

RILIS.ID, Jakarta— Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, kembali mengingatkan jajaran Pemerintah daerah untuk membantu operasi pengamanan perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Terutama, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas), sampai-sampai petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) harus siapa siaga mendukung operasi pengamanan mudik lebaran.

Sebagai Mendagri, ia juga telah mengeluarkan dua radiogram yang ditujukan kepada seluruh kepala daerah. Mereka diminta siap siaga tetap berkoordinasi langsung dengan instansi terkait.

"Mereka harus memberikan pelayanan kepada masyarakat yang sedang mudik," kata Tjahjo dalam pesannya kepada wartawan pada Selasa (12/6/2018).

Radiogram pertama dikirimkan pada Februari lalu. Di mana, awal-awal rapat koordinasi pemerintah dalam melakukan persiapan mudik lebaran 2018.

Lalu, yang kedua baru-baru ini dikirimkan Mendagri. Ada beberapa poin penting, antara lain menugaskan aparatur Damkar, Satpol PP dan Satlinmas untuk mendukung operasi pengamanan perayaan lebaran.

"Mereka harus siaga dalam membantu kelancaran lalu lintas di lokasi rawan kemacetan," tambah dia,

Poin ketiga, menyiagakan tim Damkar dan penyelamatan, Satpol PP dan Satlinmas untuk mengantisipasi situasi darurat dan pertolongan pertama bila diperlukan. 

Poin keempat, menyiagakan seluruh prasarana Damkar, Satpol PP dan Satlinmas agar siap dioperasikan untuk mendukung operasi pengamanan selama pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri tahun 2018.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)