logo rilis
Latihan PPRC 2018 Sukses, Panglima TNI: Terima Kasih Prajurit
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
12 Mei 2018, 16:25 WIB
Latihan PPRC 2018 Sukses, Panglima TNI: Terima Kasih Prajurit
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Timika— Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, memuji para prajuritnya yang sukses menggelar latihan kesiapsiagaan operasi Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) TNI 2018 yang dilaksanakan di tiga tempat berbeda di wilayah Indonesia timur yaitu Timika, Morotai dan Selaru.

"Terima kasih prajurit, saya bangga dengan kalian semua," kata Hadi di Timika, Sabtu (12/5/2018).

Selain memuji para prajuritnya, mantan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) itu juga mengapresiasi dukungan semua pihak baik tokoh masyarakat, tokoh agama, Polri, pemerintah daerah dan seluruh masyarakat di tiga lokasi tempat digelarnya latihan tersebut.

"Secara umum saya menilai baik sekali dan kegiatan latihan PPRC ini sudah sesuai dengan keinginan kita semua yaitu berjalan lancar, aman dan terkendali," ujarnya.

Meskipun sukses, ada satu kegiatan latihan yang tidak dapat dilaksanakan, yaitu penerjunan lebih dari 400 pasukan Kostrad di area Timika dengan skenario untuk merebut obyek vital Bandara Mozes Kilangin Timika yang diduduki musuh. Kegiatan itu dibatalkan lantaran cuaca yang kurang bersahabat akibat hujan lebat.

"Keputusan pimpinan lapangan sangat tepat untuk melaksanakan atau tidak dilaksanakannya kegiatan pelatihan yang sudah direncanakan. Meskipun dalam setiap latihan sudah ditentukan hari H atau jam J, pelaksanaannya bisa berubah karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi yaitu cuaca, medan dan musuh," jelasnya.

Hadi memuji keputusan tepat yang diambil oleh pimpinan lapangan untuk memindahkan area penerjunan di Selaru sesuai penilaian lapangan. Demikian juga dalam pendaratan tank amfibi yang mengangkut pasukan Marinir TNI AL di Selaru yang berjalan sukses.

Hadi kemudian meminta seluruh jajarannya mencatat dan segera melakukan evaluasi terhadap berbagai kekurangan yang masih ditemukan dalam kegiatan latihan PPRC TNI 2018. Hal itu menurutnya, penting dilakukan agar ke depan bisa diperbaiki.

"Apa yang sudah dilaksanakan ini menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi kita semua," paparnya.

Kegiatan latihan kesiapsiagaan operasi PPRC TNI 2018 digelar sejak 8 Mei dan telah berakhir pada Sabtu pagi ini. Latihan itu melibatkan sekitar 6.398 orang prajurit gabungan dari tiga angkatan yaitu darat, laut dan udara.

Sumber: Antara


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)