logo rilis

KY Siap Penuhi Catatan Komisi III DPR
Kontributor

28 Maret 2018, 09:31 WIB
KY Siap Penuhi Catatan Komisi III DPR
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafiz Faza.

RILIS.ID, Jakarta— Komisi Yudisial (KY) menyatakan, siap memenuhi catatan yang diberikan Komisi III DPR tentang pemenuhan enam orang hakim ad hoc Pengadilan Hubungan Industrial (PHI ).

"Kami siap memenuhi catatan Komisi III DPR RI," ujar juru bicara KY Farid Wajdi melalui pesan singkatnya yang diterima di Jakarta, Selasa (28/3/2018).

Farid menegaskan, hal tersebut menanggapi kelulusan tes kelayakan dan kepatutan dua calon hakim Ad Hoc PHI di Mahkamah Agung (MA) yang telah keluar dari Komisi III DPR.

Kelulusan pada hasil tes kelayakan dan kepatutan tersebut, kembali memberikan solusi terbentuknya satu majelis hakim PHI pada MA yang terdiri atas satu hakim karier dan dua hakim ad hoc yang baru saja terpilih.

Hal ini mengingat, pemenuhan kebutuhan hakim ad hoc PHI di MA semakin mendesak dan mempengaruhi tumpukan jumlah perkara hubungan industrial di MA.

"Kebutuhan hakim ad hoc PHI di MA harus segera diisi karena waktu penyelesaian perkara maksimal adalah 30 hari sejak kasasi diajukan," ungkap Farid.

Lebih lanjut Farid menjelaskan, KY tetap bertekad untuk memenuhi dua standar utama yakni kapabilitas dan integritas.

"Sekaligus keterwakilan masing-masing unsur pengusaha maupun serikat pekerja atau buruh pada proses seleksi hakim PHI ini," ungkap Farid.

Kendati demikian Farid berpendapat bahwa keragaman hasil tes kelayakan dan kepatutan dalam bentuk kelulusan maupun tidak, adalah bukti parlemen benar-benar menjalankan secara layak dan baik, sehingga KY memberikan penghargaan atas persetujuan tersebut.

Dua dari empat nama calon hakim PHI yang disetujui Komisi III DPR adalah Sugeng Santoso P.N. dari unsur Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan Junaedi dari unsur Serikat Pekerja atau Serikat Buruh (SP/SB).


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)