logo rilis

Kutip Pepatah Daerah, Jokowi: Barek Samo Dipikua, Ringan Samo Dijinjiang
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
16 Agustus 2018, 16:59 WIB
Kutip Pepatah Daerah, Jokowi: Barek Samo Dipikua, Ringan Samo Dijinjiang
FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meyakini bangsa Indonesia dalam beberapa tahun ke depan akan berhasil menghadapi beratnya semua tantangan dengan modal sosial yang dimilikinya. 

Untuk itu, Jokowi mengajak kepada seluruh elemen bangsa untuk bersama-sama menyelesaikan janji-janji kemerdakaan Republik Indonesia yang masih tertunda. 

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu kemudian mengutip beberapa pepatah daerah untuk memotivasi seluruh masyarakat agar turut serta dalam memajukan negara. 

"Dari Ranah Minang, kita bersama-sama belajar, barek samo dipikua, ringan samo dijinjiang. Berat

sama-sama kita pikul, ringan sama-sama kita jinjing," kata Jokowi dalam pidatonya di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (16/8/2018).

Tak hanya pepatah Minang, Sumatera Barat, Jokowi juga mengutip dari Tartat Pasundan, Jawa Barat. 

"Sacangreud pageuh, sagolek pangkek. Kita harus bekerja bersama dengan komitmen dan konsistensi," ujarnya. 

Mantan Wali Kota Solo itu juga mengutip pepatah Bugis, Sulawesi Selatan, yakni deso temma-ngingi, nama-lomo, nale-tei, pammase dewata.

"Kita harus kerja keras bersama, ikhlas, dan berdoa agar tujuan kita tercapai," lanjut Jokowi menerjemahkan pepatah tersebut.

Tak hanya itu, Jokowi juga mengutik pepatah dari Nusa Tenggara Barat untuk bekerja bersama membangun bangsa Indonesia. Serta pepatah dari Banua Banjar, Kalimantan Selatan. 

"Dari Banua Banjar kita bersama-sama belajar, waja sampai kaputing. Kita kerja bersama dengan penuh semangat, tidak patah di tengah jalan, tidak pernah menyerah," tutur Jokowi.

"Saya yakin, dengan semangat persatuan dan kebersamaan antar lembaga negara, kita akan mampu melewati semua tantangan dan rintangan di masa depan," pungkasnya. 

Editor: Sukma Alam


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)