logo rilis
Kurangi Pengangguran di Bandung, Oded Targetkan Cetak 60 Ribu Wirausahawan
Kontributor
Sukma Alam
06 Juni 2018, 13:45 WIB
Kurangi Pengangguran di Bandung, Oded Targetkan Cetak 60 Ribu Wirausahawan
FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Bandung— Calon wali kota Bandung, Oded M Danial-Yana, berkomitmen mencetak ribuan wirausahawan muda sebagai upaya menumbuhkan dunia usaha baru serta mengurangi angka pengangguran.

"Kita berkomitmen cetak 60 ribu wirausahawan muda melalui program OYApreneur," ujar Oded di Bandung, Rabu (6/6/2018).

Menurut dia, merujuk pada data Badan Pusat Statistik (BPS), idealnya Kota Bandung memiliki pelaku usaha sekitar delapan persen dari total jumlah penduduk yang saat ini mencapai sekitar 2,4 juta jiwa.

Namun dari catatannya, Kota Bandung kini baru memiliki 90 ribu pelaku usaha atau hanya empat persennya saja dari jumlah ideal yang dikeluarkan BPS.

"Artinya kita masih kekurangan, untuk itu melalui gerakan ini diharapkan bisa menutupi kekurangan dari angka ideal," kata dia.

Oded mengatakan, basis yang akan pertama kali dikembangkan, yakni di setiap kecamatan. Ia menargetkan, setiap kecamatan mampu menciptakan 2.000 wirausahawan baru.

"Jika di Bandung yang saat ini memiliki 30 kecamatan maka diharapkan dalam lima tahun mendatang akan tumbuh 60 ribu usaha baru di Kota Bandung," katanya.

Tak hanya penciptaan, menurut dia, nantinya pemerintah juga tetap akan ikut campur dalam upaya pemasaran produk-produk yang dihasilkan, agar bisnis yang mereka ciptakan tetap bertahan.

"Untuk itu kita berkomitmen untuk terus menggulirkan pelatihan di setiap kecamatan agar jangan sampai terhenti," katanya.
 

Sumber: ANTARA


500
komentar (0)