logo rilis

Kurangi Minum Pakai Sedotan! Bahaya untuk Kesehatan
Kontributor
Ning Triasih
14 Agustus 2018, 19:08 WIB
Kurangi Minum Pakai Sedotan! Bahaya untuk Kesehatan
ILUSTRASI: Pixabay

RILIS.ID, Jakarta— Anda terbiasa menggunakan sedotan saat minum? Hentikan sekarang juga karena itu bisa membahayakan kesehatan.

Ya, tak sedikit orang mungkin menganggap bahwa minum dengan sedotan, apalagi berbahan plastik tak akan menimbulkan gangguan kesehatan. Namun, saat menggunakan sedotan plastik, Anda secara langsung mengisapnya dan bercampur dengan minuman yang Anda konsumsi.

Para ahli pun percaya, sedotan plastik punya pengaruh buruk untuk kesehatan. Seperti dilansir dari The Times of India, inilah lima alasan sedotan plastik buruk untuk kesehatan Anda.

Merusak gigi

Ahli fisika menjelaskan, saat seseorang mengisap minuman bergula atau asam dengan sedotan plastik, sedotan tersebut bekerja seperti selang. Artinya, cairan hanya menyentuh area tertentu dari gigi Anda, memaparkannya pada gula yang terkonsentrasi, sehingga dapat menyebabkan kerusakan email gigi.

Perut kembung

Gas bukan hanya ketidaknyamanan pribadi karena juga dapat membuat Anda tidak nyaman secara sosial. Ketika Anda mengisap minuman dengan sedotan, hal itu juga memasukkan udara bersama dengan minuman. Ini menyebabkan udara sampai saluran pencernaan yang menyebabkan kembung dan gas di perut.

Lebih banyak minum

Minum menggunakan sedotan dapat membuat Anda menelan lebih cepat ketimbang secara langsung. Para ahli percaya, saat seseorang menyeruput melalui sedotan, mereka cenderung lebih banyak minum. Akibatnya, akan rentan untuk mengonsumsi gula atau minuman tak sehat berlebihan.

Bahan kimia

Sedotan plastik umumnya dibuat dari polypropylene, ketika Anda mengisap cairan melalui sedotan, artinya Anda menyuguhkan tubuh bahan kimia. Polypropylene, meskipun dianggap aman oleh FDA dalam jumlah tertentu, telah terbukti mengendapkan bahan kimia dalam cairan yang Anda minum. Bahan kimia ini merugikan kesehatan dan dapat memengaruhi hormon Anda, terutama estrogen.

Keriput

Sama seperti pucker lines yang disebabkan oleh merokok elektrik, minum dari sedotan juga sering dapat memberi Anda kerutan.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)