logo rilis
Kunjungi Korban Longsor Bogor, Sohibul Minta Penanganan Bencana Bisa Holistik
Kontributor
Elvi R
09 Januari 2020, 16:45 WIB
Kunjungi Korban Longsor Bogor, Sohibul Minta Penanganan Bencana Bisa Holistik
Presiden Partai Keadilan Sejahtera dalam kunjungannya di lokasi banjir di Bogor. FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Bogor— Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mohamad Sohibul Iman mengatakan, bencana banjir yang terjadi baru-baru ini harus ditangani sevara holistik. Hal ini dikatakannya pascamelihat kondisi kawasan yang terisolir tersebut. Sohibul meyakini bahwa bencana yang tidak hanya Jakarta sentris ini perlu penanganan khusus.

"Saya semakin yakin penanganan banjir harus bersifat holistik-komprehensif. Tidak hanya mengatasi di hilir tapi juga di hulu. Nah, di hulu itu perlu ada peningkatan pengawasan alih lahan yang seharusnya hutan lindung menjadi lahan itu tidak boleh," ujar dia Sohibul Iman saat mengunjungi korban bencana longsor di Desa Jaya Raharja, Bogor, Kamis (9/01/2020).

Sohibul meminta kepada masyarakat dan pengusaha untuk menjaga lingkungan yang telah dianugerahkan oleh Tuhan.

"Kepada pengusaha yang memiliki lahan di sini tolong taati aturan-aturan yang sudah kita bikin. Sebab dengan peraturan yang dilanggar banjir ini terjadi," tegas dia.

Dalam kunjungannya, PKS menyumbang ratusan meter paralon untuk korban bencana longsor. Paralon tersebut untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga setempat. 

Secara khusus, Presiden PKS ini memanggul paralon dengan jalan kaki. Ia mengenakan baju lapangan, jas hujan dan helm berwarna jingga menaiki tanjakan dan turunan yang masih licin oleh hujan.

Sohibul menyaksikan betapa bencana kali ini sangat luar biasa. PKS bertekad membersamai masyarakat untuk meringankan beban mereka.

"Walaupun mungkin yang kami lakukan tidak seberapa. Tetapi kebersamaan kami mudah-mudahan menguatkan mereka, menghadapi bencana ini," kata dia di mushola yang dijadikan tempat pengungsian warga.

Selain paralon, PKS juga menyumbangkan kebutuhan pokok harian, juga memberikan sumbangan tenaga membersihkan tempat publik seperti pondok pesantren dan mushola yang dikerjakan oleh relawan PKS.




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID