logo rilis

Kuliner Khas Bali di Perayaan Nyepi
Kontributor
Ning Triasih
16 Maret 2018, 20:12 WIB
Kuliner Khas Bali di Perayaan Nyepi
FOTO: Instagram/@bioscoopcoffeeanddelights

RILIS.ID, Jakarta— Hari Raya Nyepi atau perayaan Tahun Baru Saka akan kurang lengkap tanpa menghidangkan makanan khasnya.

Ya, meski Nyepi berbeda dari perayaan hari besar lain yang identik dengan kemeriahan, namun bukan berarti umat Hindu tak menyajikan kuliner khas Nyepi. Nyepi di Bali juga punya makanan khasnya tersendiri.

Ingin tahu apa saja makanan khas perayaan Nyepi di Bali? Berikut rangkumannya dihimpun dari berbagai sumber:

1. Entil 

Entil adalah sejenis ketupat atau lontong, sama-sama terbuat dari beras. Bedanya, Entil tidak dibungkus daun pisang, melainkan daun nyelep atau talengidi. Kuliner ini adalah sajian dari masyarakat Desa Wongaya Gede, Tabanan, Bali.

 

2. Pulung Nyepi 

Ini merupakan sejenis jajanan mirip klepon, berbahan dasar tepung beras dicampur tepung kanji, kemudian dikukus, dibentuk bulatan dan direbus atau digoreng. Pulung berasal dari wilayah Kelurahan Sukasada dan biasa dibuat pada saat Pengkrupkan.

 

3. Cerorot

Jika berkunjung ke Bali, Anda akan mudah menjumpai kue berbentuk kerucut memanjang bertekstur kenyal. Itulah cerocot. Kuliner ini umumnya dikenal sebagai jajanan pasar, tapi juga disajikan saat Nyepi.

 

4. Ketongkol

Ketongkol juga termasuk sajian yang mirip dengan lontong. Hanya saja bentuknya kerucut. Makanan ini umumnya dibungkus dengan menggunakan daun pisang. 

 

5. Jaje Apem

Jaje Apem berbahan dasar tepung beras, tape singkong dan air kelapa. Bentuknya kerucut, dibungkus daun pisang kemudian dikukus.

 

6. Nasi Tepeng

Selain makanan ringan, makanan berat yang umum disajikan saat Nyepi adalah Nasi Tepeng. Nasi Tepeng biasanya disajikan dengan berbagai sayuran seperti kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, daun kelor dan kelapa parut. Citarasanya gurih dan pedas dan disajikan dengan alas daun pisang.

 


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)