logo rilis

Kuku Alami Cantengan Pasca Banjir, Ini Cara Obatinya...
Kontributor
Tari Oktaviani
13 Januari 2020, 11:55 WIB
Kuku Alami Cantengan Pasca Banjir, Ini Cara Obatinya...
Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Cantengan bukan merupakan penyakit parah namun sangat mengganggu karena rasa nyeri di ujung kaki. Cantengan biasanya timbul di ujung kuku dan terdapat nanah di dalamnya. 

Umumnya, cantengan timbul lantaran kuku yang tumbuh tidak sempurna sehingga menekan jaringan kulit. Namun begitu rupanya infeksi karena jamur juga bisa menjadi salah satu penyebab cantengan.

Baca Juga

Seperti yang dialami beberapa orang pasca banjir yang menimpa Jabodetabek kemarin. Setelah sibuk membersihkan lumpur akibat banjir, penyakit kulit biasanya akan muncul. Salah satunya yakni cantengan.

Cantengan yang muncul pasca banjir biasanya dikarenakan masuknya kotoran ke sela sela kuku yang kemudian tidak dibersihkan segera. Selain itu tidak dijaganya kebersihan kaki dan tangan juga dapat memicu penyakit ini muncul.

Ciri-ciri anda terkena cantengan yakni terasa nyeri apabila kuku yang mengalami cantengan ditekan  adanya penumpukan cairan di bagian jari kaki, keluarnya nanah berwarna putih atau kuning dan ada peradangan pada kulit di ujung jari kaki.

Untuk mencegah dan mengobati terjadinya infeksi cantengan, ada beberapa cara yang perlu dilakukan di rumah. 

Pertama yakni dengan merendam kaki dengan larutan air hangat dan garam. Rebuslah air kemudian campurkan garam ke air tersebut. Tunggu hingga suhunya menjadi hangat dan rendam kaki atau tangan yang terdapat cantengan. 

Kedua, anda bisa gunakan kapas yang ditaruh di sela-sela kuku. Cara mengganjal dengan kapas ini agar membantu kuku tumbuh sempurna sehingga tidak menekan kulit terlalu dalam.

Ketiga, potong kuku anda jika masih panjang. Biasanya cantengan akan hilang beberapa hari ke depan pasca kuku dipotong.

Keempat, dengan rendaman cuka apel. Sama seperti air garam, cuka apel dapat mengurangi peradangan dan infeksi. Caranya pun mudah tinggal tuang beberapa tetes cuka apel ke sebaskom air hangat. Lalu rendam dengan kuku kaki atau tangan yang mengalami cantengan.

Jika nyerinya tak tertahankan anda bisa beli pereda rasa nyeri seperti ibuprofen dan paracetamol. Selain itu anda juga bisa mengoleskan krim antibiotik pada jari yang mengalami cantengan lalu tutup dengan kain kassa.




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID