logo rilis

Kubu Prabowo Sebut Banyak Pelanggar HAM di Kabinet Jokowi
Kontributor
Zulyahmin
22 Januari 2019, 20:00 WIB
Kubu Prabowo Sebut Banyak Pelanggar HAM di Kabinet Jokowi
ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi Supratman

RILIS.ID, Jakarta— Anggota Direktorat Komunikasi dan Media Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Nocholay Aprilindo, merasa aneh terhadap capres nomor urut 01, Joko Widodo, yang memberikan stigma kepada Prabowo Subianto sebagai pelanggar HAM dalam pernyataan penutup di debat Pilpres 2019 putaran pertama. 

Nocholay pun kemudian menyebut bahwa banyak pelanggar HAM yang saat ini justru berada di Kabinet Kerja Jokowi. 

"Beliau (Jokowi) lupa dalam kabinet saat ini itu banyak bercokol pelanggar HAM," katanya saat menjadi pembicara dalam diskusi Topic of The Week "Jejak-jejak Kebohongan Jokowi?" di Seknas Prabowo-Sandi, Menteng, Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Menurut Nocholay, salah satu pelanggar HAM yang ada di Kabinet Kerja Jokowi adalah Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto. 

"Pengadilan tinggi PBB menyatakan Wiranto bertanggung jawab atas pelanggaran berat HAM Timor Timur," ujarnya. 

Aktivis politik hukum dan keamanan itu juga merasa berang dengan Jokowi yang menyerang Prabowo dalam debat pilpres itu terkait tudingan caleg narapidana koruptor yang ada di Partai Gerindra.

Padahal, menurutnya, Jokowi sendiri juga yang mendukung dibolehkannya narapidana jadi caleg. 

"Dan dalam UU Pemilu pun tidak dicantumkan adanya larangan napi caleg. Memang kita semua mengetahui korupsi adalah extra ordinary crime. Tetapi selama sidang tidak ada pencabutan hak politik tak maslah. Kalau kita lihat di parpol pendukung Jokowi banyak koruptor," tandasnya. 

Selain Nocholay, dalam diskusi itu juga hadir pembicara lainnya, di antaranya mantan Sekjen Kementerian BUMN, Said Didu, mantan anggota DPR Fraksi PAN, Djoko Eddhie Abdulrahman, mantan anggota DPR Fraksi PKS, Indra, dan Marwan Batubara dari IRESS.




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID