logo rilis
Kuasa Hukum Novanto Harap Vonis Ringan dari Hakim
Kontributor
Tari Oktaviani
24 April 2018, 09:07 WIB
Kuasa Hukum Novanto Harap Vonis Ringan dari Hakim
Pengacara terdakwa kasus korupsi pengadaan e-KTP Setya Novanto, Maqdir Ismail (kanan), menyampaikan pertanyaan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma.

RILIS.ID, Jakarta— Kuasa Hukum Setya Novanto, Maqdir Ismail, berharap majelis hakim pengadilan tindak pidana korupsi mempertimbangkan nota pembelaan kliennya, sehingga menjatuhkan vonis ringan. Menurut Maqdir, dakwaan Jaksa tidak terbukti selama proses Persidangan.

"Kami harap majelis hakim dapat pertimbangkan pembelaan kami, karena dakwaan tentang adanya intervensi dari Pak Novanto dalam proyek e-KTP tidak terbukti," katanya di pengadilan tindak pidana korupsi, Jakarta, Selasa (24/4/2018).

Ia mengaku kuasa hukum tidak mempersiapkan banyak hal jelang vonis Novanto. Namun ia akan mendengarkan pertimbangan hakim dan vonisnya untuk kemudian menentukan langkah hukum berikutnya.

"Kami dari kuasa hukum tidak ada persiapan apa-apa, hak kita besok kan cuma mendengarkan putusan hakim saja, ya kita dengar saja besok sama-sama lalu kami akan diskusikan dulu dari apa keputusan hakim, kan ada waktu 7 hari bagi tim kuasa hukum dan Pak Novanto juga untuk memikirkan langkah apa selanjutnya yang akan kita ambil," katanya.

Sebelumnya, tim jaksa penuntut umum KPK menuntut terdakwa Setya Novanto dihukum 16 tahun penjara, denda Rp1 miliar subsider enam bulan kurungan, dan membayar uang pengganti sesuai dengan uang yang diterimanya yakni US$7,435 juta dikurangi Rp5 miliar yang sudah dikembalikan kepada KPK. Ketentuannya, uang pengganti ini harus dibayar selambat-lambatnya 1 bulan setelah putusan berkekuatan hukum tetap.

Perbuatan Novanto dinilai terbukti melanggar dakwaan kedua yakni Pasal 3 Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 Ayat 1 ke-1 KUHP.

Editor: Sukardjito


500
komentar (0)