Home » Elektoral

Kualitas Demokrasi, Ditentukan oleh Pembenahan Politisi

print this page Kamis, 7/12/2017 | 20:49

ILUSTRASI:RILIS.ID/ Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Peneliti senior Centre for Strategic and International Studies (CSIS) J Kristiadi menilai, pembenahan di kalangan politisi perlu dilakukan agar semakin baik. Salah satu aspeknya, yakni melalui media pendidikan dan pemahaman politik yang baik.

Menurutnya, kualitas demokrasi juga ditentukan oleh institusi partai politik,dimana di dalamnya terdapat politisi-politisi. Maka, sekolah politik ini menjadi instrumen untuk membenahi kualitas demokrasi Indonesia.

"Partai politik itu institusi yang paling penting karena tidak ada demokrasi kalau tidak ada partai politik," ungkapnya.

Ia menilai, institusi partai politik merupakan pilar penting dalam perkembangan politik. Sementara politisi, tak kalah penting lantaran ia memegang kekuasaan paling sentral dan memiliki spektrum berkaitan dengan kehidupan masyarakat.

Pasalnya, hasrat kekuasaan dikalangan politisi perlu dididik. Partai politik punya peran sebagai lembaga yang memproduksi tokoh-tokoh politik. 

"Pabrik penguasa itu dari partai politik," kata J Kristiadi saat mengisi diskusi bertajuk "Politisi Muda Partai Politik dan Demokrasi di Indonesia Pasca 2019" di Jakarta Pusat, Kamis (7/12/2017).

Pernyataan itu disampaikan J Kristiadi di depan lulusan sekolah politisi muda yang diselenggarakan oleh Yayasan Satunama. Sekolah politisi muda sudah diselenggarakan tiga kali berturut-turut sejak 2015. Sekolah itu juga diikuti sejumlah partai seperti Gerindra, PPP, NasDem, PDIP dan lainnya.

"Nikmat kekuasaan politik itu, lebih nikmat dari semuanya," pungkasnya.

Penulis Armidis Fahmi
Editor Intan Nirmala Sari

Tags:

PolitisiKualitas DemokrasipolitikCSIS