logo rilis
Kritisi Muhadjir, Golkar: Pernyataan Kaya Nikahi Miskin itu Tidak Tepat
Kontributor
Nailin In Saroh
21 Februari 2020, 22:31 WIB
Kritisi Muhadjir, Golkar: Pernyataan Kaya Nikahi Miskin itu Tidak Tepat
Menko PMK Muhadjir Effendi. FOTO: RILIS.ID

RILIS.ID, Jakarta— Politisi Golkar Ace Hasan Syadzily mengkritik usulan Menko PMK Muhadjir Effendi agar yang kaya menikahi yang miskin untuk mengatasi masalah kemiskinan. Muhadjir juga mengusulkan Kementerian Agama untuk bisa menerbitkan fatwa terkait pernikahan lintas ekonomi.

Menurut Anggota Komisi VIII DPR itu, pernyataan Muhadjir tidak tepat disampaikan. Apalagi hal itu diungkapkan melalui ceramah. 

"Tidak pada tempatnya menyampaikan pernyataan itu. Walaupun Pak Menko menyampaikan bahwa pernyataan itu intermezzo," ujar Ace di Jakarta, Jumat (21/2/2020).

Menurut anggota dewan yang bertugas di komisi bidang agama ini, soal memilih jodoh itu adalah urusan pribadi. Sehingga, tak perlu ada ikut campur negara. 

"Ajaran Islam tentang perjodohan sekufu’ juga tak harus dimaknai sebagai kesalahan penafsiran," tegas legislator lulusan UIN itu. 

Lebih baik, sambung Ace, pemerintah mencari cara dan strategi yang tepat agar bagaimana dapat menangggulangi kemisikanan, mengatasi ketimpangan ekonomi, menciptakan lapangan kerja dan mensejahterakan rakyat.

"Memutus rantai kemiskinan itu dilakukan dengan memberikan akses rakyat miskin melalui pendidikan, kesehatan, penyediaan lapangan kerja, keterampilan berusaha atau kewirausahaan. Itu cara yang paling tepat untuk memutus kemiskinan," jelas Ace. 

Sebelumnya, Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy sudah mengklarifikasi ujarannya terkait usulan fatwa kepada orang kaya untuk menikahi orang miskin. Menurutnya ujaran tersebut hanya intermezo saat berpidato.

"Itu hanya intermezo selingah ceramah saya. Enggak ada rencana saya usulkan fatwa," kata Menko Muhadjir saat ditemui di kantornya, Gedung Kemenko PMK, Jakarta Pusat, Kamis (20/2). 




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID