logo rilis
KPU Ubah Format Debat Pilgub Jatim
Kontributor
Budi Prasetyo
07 Mei 2018, 13:30 WIB
KPU Ubah Format Debat Pilgub Jatim
ILUSTRAS: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Surabaya— Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur akan menggelar debat Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018 pada Selasa (8/5/2018) besok. Debat kedua besok akan membahas tentang pembangunan ekonomi di Jatim. 

"Pada prinsipnya untuk persiapan debat dengan tema pembangunan ekonomi, sudah siap," kata komisioner KPU Jawa Timur, Choirul Anam, Senin (7/5/2018).

Dia menjelaskan, nantinya format debat yang kedua ini akan diubah oleh KPU Jawa Timur. Moderator akan diberikan kesempatan untuk menghentikan jalannya debat.

Disamping itu, para panelis akan ditampilkan ke publik, agar memberikan pertanyaan secara langsung kepada Cagub dam Cawagub. 

"Untuk debat kedua besok beberapa hal yang membedakan adalah tim panelis dan perumusan. Kemarin tim panelis tidak diperkenalkan, nanti diperkenalkan dan maju ke depan," katanya. 

Anam mengakui, sempat terjadi debat kusir pada debat sesi pertama beberapa waktu lalu. Untuk mencegah hal itu, maka format debat secara keseluruhan akan diubah. 

"Evaluasi debat pertama sebagian menganggap debat kusir, untuk besok dilakukan debat terbuka dan diperketat moderator. Kesan debat kusir tidak muncul tetapi pesan materi tersampaikan," ujarnya.

Sekadar diketahui, dua kandidat bertarung dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018. Keduanya adalah Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak yang diusung Demokrat, Golkar, Nasdem, Hanura, PAN, PKPI dan PSI. 

Pasangan itu berharap dengan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno yang diusung PDIP, PKB, Gerindra, PKS dan Perindo. 

Editor: Andi Mohammad Ikhbal


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)