logo rilis
KPU Jatim Tegaskan Penghitungan Ulang di Surabaya Hanya di Empat TPS
Kontributor
Budi Prasetyo
24 April 2019, 21:15 WIB
KPU Jatim Tegaskan Penghitungan Ulang di Surabaya Hanya di Empat TPS
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Sebanyak empat Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Surabaya akan menggelar pencoblosan ulang. Langkah itu dilakukan karena ditemukan adanya ketikcocokan formulir C1 dengan C1 plano pada penghitungan di tingkat kecamatan.

"Terakhir dapat info penghitungan ulang sekitar tiga atau empat TPS," kata ketua KPU Jatim Choirul Anam pada Rabu (24/4/2019).

Menurut Anam, penghitungan suara ulang tidak dilakukan di semua TPS yang ada di Surabaya. Pasalnya, penjelasan Bawaslu Kota Surabaya sendiri tidak mencantumkan intruksi tersebut. Meski demikian, di beberapa TPS ditemukan ketikdakcocokan antara C1 dan C1 plano.

"Jadi saya juga ingin meluruskan terkait rekomendasi Bawaslu Kota Surabaya. Rekomendasi tersebut berbeda makna penghitungan kota Surabaya. Saya mengintruksikan kepada KPU Kota Surabaya terkait rekomendasi itu. Tidak serta merta semua TPS melakukan penghitungan," tambah anam.

Anam menjelaskan, petugas di lapangan sendiri sebenarnya bisa melakukan penghitungan ulang tanpa rekomendasi dari Bawaslu. Jika dalam proses rekapitulasi ditemukan  ketidakcocokan antara formulir C1 dengan C1 plano, maka petugas di lapangan bisa melakukan penghitungan suara ulang saat  itu juga.
 Jika ada perbedaan antara C1 dan C1 plano dan tidak ada kecocokan maka akan dilakukan penghitungan ulang," pungkasnya.

Editor: Elvi R




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID