logo rilis
KPU Diputuskan Langgar Tata Cara Input Situng, Ini Imbauan BPN
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
16 Mei 2019, 18:30 WIB
KPU Diputuskan Langgar Tata Cara Input Situng, Ini Imbauan BPN
ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi Supratman

RILIS.ID, Jakarta— Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengimbau Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk segera memperbaiki tata cara dan prosedur dalam melakukan input data di sistem informasi penghitungan suara (Situng).

Hal itu disampaikan Direktur Hukum dan Advokasi BPN Prabowo-Sandi, Sufmi Dasco, usai sidang pembacaan putusan dugaan pelanggaran administratif pemilu Nomor 07/LP/PP/ADM/RI/00.00/V/2019 di Gedung Bawaslu, Jakarta, Kamis (16/5/2019).

"BPN memberi imbauan kepada KPU untuk perbaiki data C1 yang diunggah," kata Sufmi Dasco. 

Dia berharap, Situng KPU yang sedang berjalan dihentikan karena dinilai dapat membuat polemik di masyarakat.

Sementara itu, anggota Badan Pengawas Pemilu, Fritz Edward Siregar, mengatakan, KPU memiliki kewenangan dalam pelaksanaan Situng sebagai keterbukaan informasi dan juga prinsip transparansi.

"Situng memang bukan hasil resmi, tetapi dalam melaksanakan prinsip keterbukaan informasi dan transparansi, KPU juga harus lebih berhati-hati menampilkan data sehingga tidak terjadi polemik di masyarakat," ujar Fritz.

Menurut dia, Bawaslu menyatakan Situng dapat tetap dilanjutkan, tetapi proses tata cara dan mekanismenya harus dapat diperbaiki sehingga informasi yang disampaikan dapat terverifikasi.

Sumber: Antara




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID