logo rilis
KPU Diminta Optimalkan DP4 Kemendagri
Kontributor
Andi Mohammad Ikhbal
09 April 2018, 14:06 WIB
KPU Diminta Optimalkan DP4 Kemendagri
Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakhrulloh. FOTO: Humas Kemendagri.

RILIS.ID, Jakarta— Dirjen Kependudukan Catatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri, Zudan Arief Fakhrulloh, mendorong agar KPU menggunakan data Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) Kemendagri untuk meminimalisir pemilih ganda dalam Pilkada 2018.

"Kami cuma sediakan data agar tidak terjadi pemilih ganda. KPU harus menggunakan DP4 Kemendagri," kata Zudan dalam jumpa pers di Kemendagri Jakarta, Senin (9/4/2018).

Itulah mengapa Kemendagri memberikan hak akses ke KPU untuk melihat data base kependudukan, sehingga tak ada lagi di luar data tersebut. Sedangkan, selisih daftar pemilih antara KPU dan Kemendagri pada Pilkada 2017 lalu, hanya 2 persen.

"Kami ingin selisih tersebut di Pilkada 2018 nanti lebih kecil lagi," tambah dia.

Solusinya, kata Zudan, dengan menggunakan data base milik Kemendagri. Karena, pola pendataan di Kemendagri dan KPU, berbeda. Semisal, ada warga Jakarta yang pindah ke Lampung, namun belum melaporkan kepindahannya, maka dia tak bisa jadi pemilih Lampung.

Data Kemendagri masih mencatat penduduk tersebut sebagai pemilih di DKI Jakarta. Sedangkan, yang seperti ini, malah masuk dalam data KPU. Dari sana, lahir lah penduduk dengan NIK kosong. Padahal, saat coklit (pencocokan dan penelitian) harus berdasarkan KTP dan KK.

"‎Makanya saya minta KPU gunakan data base lebih optimal," kata dia.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)