Home » Elektoral

KPU Akui Sipol Tak Terdaftar di Kemkominfo

print this page Senin, 13/11/2017 | 20:04

Persidangan sengketa Sipol di Bawaslu. FOTo: RILIS.ID/Armidis Fahmi

RILIS.ID, Jakarta— Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asyari mengakui, sistem informasi partai politik (Sipol) yang diadukan parpol ke Badan Pengawas Pemilu tidak terdaftar di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

"Ya, yang punya otoritas mengatakan begitu (tidak terdaftar). Ya ikuti kata yang punya otoritas tadi. Kalau sudah mendaftarkan pasti ada nomor register atau lainnya," kata Hasyim di Kantor Bawaslu Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (13/11/2017).

KPU, kata Hasyim, memang belum pernah mendaftarkan aplikasi Sipol ke Kemkominfo. Namun begitu Hasyim mengakui sudah beberapa kali mendaftarkan berkonsultasi mengenai Sipol ke Kemkominfo.

"Konsultasi sudah pernah makanya beberapa jawaban kami itu disampaikan. Pernah diaudit BPPT juga sudah. Konsultasinya yang namanya lembaga dengan lembaga. Ya konsultasinya terkait Sipol," imbuhnya.

Saat ditanya apakah akan mendaftarkan apilkasi Sipol ke Kemkominfo, Hasyim terlihat gamang. Dia tidak bisa memastikan apakah aplikasi tersebut akan didaftarkan atau tidak.

Padahal, saat berkonsultasi dengan Kementerian Kominfo, Hayim mengakui sempat disarankan untuk mendaftarkan aplikasi Sipol tersebut. Apalagi, ada ketentuan regulasi yang mengharuskan KPU untuk mendaftarkan Sipol agar diakui oleh Kominfo.

"Nanti kita lihat perkembangannya. Yang mewajibkan mendaftar bukan UU tapi peraturan menteri," ujar Hasyim.

Aplikasi Sipol sendiri sudah diwajibkan KPU kepada partai politik peserta Pemilu sebagai aplikasi untuk menginput dokumen persyaratan parpol. Bahkan, 13 partai politik dinyatakan tidak memenuhi syarat lantaran dokumen tidak terinput ke Sipol.

Penulis Armidis Fahmi

Tags:

sipolkpubawaslu

loading...