logo rilis
KPK Usulkan Pemerintah Kaji Efektivitas Banggar DPR
Kontributor
Tari Oktaviani
15 Agustus 2018, 18:10 WIB
KPK Usulkan Pemerintah Kaji Efektivitas Banggar DPR
Ketua KPK, Agus Rahardjo. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Agus Rahardjo mengusulkan agar Pemerintah mengkaji efektivitas badan anggaran di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). 

Menurutnya, usulannya tersebut perlu dilakukan, mengingat fokus tim nasional pencegahan korupsi kepada sistem keuangan negara yang berpotensi menimbulkan korupsi. 

Untuk itu, KPK akan menyampaikan kepada Mendagri Tjahjo Kumolo yang merupakan anggota Timnas, sekaligus pernah menjabat sebagai anggota DPR untuk dipikirkan lagi usulan tersebut.

"Lalu, Pak Tjahjo yang berpengalaman di DPR mungkin perlu pikirkan Banggar perlu atau tidak atau nanti kementrian ketemu langsung dengan komisi, jadi nanti transparan. Silakan ini kan yang mugkin dipikirkan oleh teman-teman rencana aksi," kata Agus di gedung KPK, Jakarta, Rabu (15/8/2018).

Agus mengatakan, usulannya tersebut bukan karena sesuatu, namun demi perbaikan sistem yang transparan, sehingga meminimalisir adanya permainan yang berujung korupsi.

"Kita kaji dulu sebab terjadi korupsi itu di mana. Tadi kan Pak Bambang sudah sampaikan perbaikan sistem yang memungkinkan peluang korupsi jadi sempit. Nah, kalau ada banggar itu apa jadi lebih terbuka atau enggak penyimpangannya?" ujarnya.

Kalau memang itu dikaji memang kemudian membuka kesempatan ya sebaiknya kita usulkan diganti dengan cara yang lain," tambah Agus Rahardjo.

Editor: Kurniati


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)