logo rilis
KPK Telisik Pemberi Suap Zumi Zola
Kontributor
Tari Oktaviani
17 April 2018, 10:47 WIB
KPK Telisik Pemberi Suap Zumi Zola
Gubernur Jambi Zumi Zola Resmi Ditahan KPK. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma.

RILIS.ID, Jakarta— Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendalami sumber gratifikasi yang diterima oleh tersangka Gubernur Jambi, Zumi Zola. 

Menurut Juru Bicara KPK Febri Diansyah, beberapa modus suap sudah dicium oleh penyidik di mana uang tersebut berasal dari para pengusaha.

"Memang kami sedang mendalami informasi sumber gratifikasi tersebut. Diduga berasal dari sejumlah pihak. Ada yang merupakan pengusaha setempat," ungkapnya, Jakarta, Selasa (17/4/2018).

Namun begitu, penyidik dikatakan Febri masih fokus ke perbuatan yang dilakukan Zumi. Sehingga belum bisa memastikan apakah pihaknya akan menjerat juga pemberi gratifikasi.

"Sejauh ini, karena aturan pidana tentang gratifikasi di pasal 12B mengatur tentang penerima, maka saat ini kami fokus memperkuat bukti-bukti dugaan penerimaannya," ungkapnya.

Dalam kasus ini KPK telah menetapkan Gubernur Jambi Zumi Zola dan Plt Kadis PUPR Arfan sebagai tersangka kasus dugaan penerimaan gratifikasi sejumlah proyek di Dinas PUPR Provinsi Jambi.

Dalam kasus tersebut, Zumi Zola dan Arfan diduga menerima gratifikasi Rp6 miliar dari beberapa kontraktor. Uang itu disinyalir diberikan sebagai "uang ketok palu" kepada anggota DPRD Jambi.

Kasus yang menjerat Zumi Zola ini merupakan pengembangan dari kasus suap pengesahan APBD 2018. Dalam kasus pengesahan APBD Jambi ini, KPK lebih dulu menetapkan empat orang tersangka.

Keempat tersangka itu, yakni anggota DPRD Provinsi Jambi Supriyono, Plt Sekda Jambi, Erwan Malik, Plt Kadis PUPR Jambi Arfan, dan Asisten Daerah III Syaifuddin.

Editor: Sukardjito


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)