logo rilis
KPK Selidiki Siapa yang Sembunyikan Setya Novanto
Kontributor
Tari Oktaviani
12 Desember 2017, 09:08 WIB
KPK Selidiki Siapa yang Sembunyikan Setya Novanto
Gedung KPK. FOTO: RILIS.ID/Ridwan

RILIS.ID, Jakarta— Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mulai menyelidiki oknum yang menyembunyikan Setya Novanto ketika menghilang pada Rabu 15 November 2017 malam, sebelum kecelakaan. Salah satu yang digali keterangannya Hilman, mantan kontributor Metro TV. 

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, keterangan Hilman diperlukan mengingat saat terjadinya kecelakaan, ia ditemukan bersama Novanto. Padahal saat itu status Novanto masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) atau buron.

"Informasi yang saya dapatkan (pemeriksaan Hilman) masih mendalami peristiwa yang terjadi belakangan, sekitar bulan November," ujar Febri di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (12/12/2017).

Menurut Febri, tim penyidik ingin mengetahui proses hilangnya sang Ketua DPR dan kaitannya dengan Hilman. Mengingat pria yang pernah menjabat Ketua Press Room DPR itu, merupakan salah satu kerabat dekat Novanto.

"Klarifikasi lebih terkait ke peristiwa," kata Febri.

Febri menegaskan, siapa saja yang terbukti menghalang-halangi penyidikan akan terkena pasal 21 UU Tipikor. Namun, Ia belum bisa memastikan apakah Hilman akan dijerat dengan pasal tersebut.

"Belum. Informasinya masih sangat terbatas. Yang saya ketahui tadi pagi sampai sekitar sore yang bersangkutan diperiksa. Saya sudah cek bahwa ada tim di bagian penindakan yang membutuhkan keterangan saksi untuk proses klarifikasi," pungkasnya. 


#Setya Novanto
#KPK
#Hilman
komentar (0)