logo rilis
KPK Lelang Kiswah Milik SDA
Kontributor
Tari Oktaviani
11 Juli 2018, 20:02 WIB
KPK Lelang Kiswah Milik SDA
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). FOTO: RILIS.ID/Ridwan

RILIS.ID, Jakarta— Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melelang kain penutup ka'bah atau kiswah milik mantan Menteri Agama Suryadharma Ali (SDA). Menurut Juru Bicara KPK Febri Diansyah, meskipun ada proses peninjauan kembali yang diajukan SDA namun tidak menghentikan proses lelang kain kiswah tersebut.

Adapun rencananya pelelangan tersebut akan dilaksanakan pada Rabu, 25 Juli 2018. Kain tersebut berukuran 80 cm x 59 cm.

"Pengajuan PK tidak menghentikan eksekusi. Aturan hukum acaranya jelas tentang hal itu," katanya, Jakarta, Rabu (11/7/2018).

Menurutnya sesuai aturan yang diatur di Mahkamah Agung (MA), barang yang dilelang berdasarkan hasil putusan pengadilan. Sehingga meskipun ada proses hukum yang masih berjalan di tahapan berikutnya namun tetap tidak menghilangkan putusan pengadilan yang semula.

Barang yang dilelang tentu saja berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap. Pasal 66 ayat (2) UU Mahkamah Agung mengatur bahwa permohonan PK tidak menangguhkan atau menghentikan pelaksanaan putusan pengadilan," ungkapnya.

Sebelumnya, SDA disebut telah menerima Kiswah lantaran telah membantu penunjukan langsung dalam penyewaan perumahan jemaah haji lndonesia di Arab Saudi pada pelaksanaan ibadah haji 2010. Padahal, perumahan itu tidak memenuhi beberapa persyaratan.

"Bertepatan dengan pelaksanaan ibadah haji tahun 2010, terdakwa menerima pemberian berupa potongan kain penutup Ka'bah (Kiswah) dari Mukhlisin dan Cholid Abdul Latief sebagai imbalan karena telah membantu meloloskan rumah-rumah yang ditawarkan," ujar jaksa.

Editor: Sukardjito


komentar (0)