logo rilis
KPK: Kasus Korupsi e-KTP Belum Selesai
Kontributor
Tari Oktaviani
01 Juni 2018, 19:05 WIB
KPK: Kasus Korupsi e-KTP Belum Selesai
Setya Novanto Saat Jalani Vonis. FOTO:RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, — Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode M Syarief mengatakan, penyelidikan terkait kasus korupsi e-KTP masih belum selesai. Menurutnya, penyidik mendapatkan bahan penyelidikan dari pemeriksaan sejumlah tersangka dan saksi akhir-akhir ini di KPK.

Seperti kemarin, istri Setya Novanto, Deisti Astriani Tagor kembali diperiksa penyidik KPK. Meski begitu Laode belum mau menyampaikan apakah pemeriksaan istrinya itu menunjukan adanya pengembangan kasus yang baru.

"Kita blm bisa menjelaskan karena memang saya bilang dari dulu kan e-KTP itu bukan lari jarak pendek. Itu lari jarak panjang, marathon. Jadi akan banyak kajian lagi yang akan dilidik untuk itu tapi arahnya dia mau kmn, saya tidak bisa jelaskan," ujar Laode, Jakarta, Jumat (1/6/2018).

Menurutnya, kasus e-KTP belum selesai ditangani KPK. Bahkan dikatakannya sampai periode kepemimpinam Agus Rahardjo Cs selesai pun ia yakini kasus ini belum rampung.

"Yg jelas penyelidikan dari kasus e-KTP belum selesai. Mungkin sampai saya juga selesai jadi komisioner juga belum selesai. Masih besar kasusnya," tegasnya.

Sebelumnya Juru Bicara KPK Febri Diansyah pernah menyebut vonis 15 tahun penjara terhadap mantan Ketua DPR, Setya Novanto menjadi dorongan KPK untuk terus mengusut kasus ini.

Menurutnya, KPK menduga masih ada pihak lain yang bersama-sama melakukan korupsi dan mendapatkan keuntungan dari proyek ini.

"Kami lihat lebih lanjut siapa saja pihak-pihak lain yang masih harus mempertanggungjawabkan perbuatannya terkait proyek KTP elektronik," ujar Febri, di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (24/4/2018).



 


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)