logo rilis
KPK 'Kantongi' 3 Nama Calon Deputi Penindakan
Kontributor
Tari Oktaviani
27 Maret 2018, 12:34 WIB
KPK 'Kantongi' 3 Nama Calon Deputi Penindakan
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). FOTO: RILIS.ID/Ridwan

RILIS.ID, Jakarta— Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengantongi tiga nama calon Deputi Penindakan. Mereka dinyatakan lolos tahap seleksi oleh Tim Penyeleksi KPK dan eksternal.

Ketiga nama calon yang lolos merupakan pejabat Polri dan Kejaksaan Agung (Kejagung). Perinciannya, Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) Brigjen Firli, Staf Ahli Jaksa sekaligus mantan Jaksa Penuntut Umum KPK Wisnu Baroto, dan Kepala Kejaksaan Negeri Malang Witono.

"Telah dilakukan wawancara oleh pimpinan KPK terhadap tiga calon Deputi Penindakan KPK. Yaitu, Firli, Wisnu Baroto, dan Witono," ujar Juru bicara KPK, Febri Diansyah, saat dikonfirmasi, Jakarta, Selasa (27/3/2018).

Baca: Cari Pengganti Heru dan Aris, KPK Libatkan Lembaga Ini

Setelah mengikuti wawancara dengan pimpinan, Tim Penyeleksi bakal menentukan satu dari tiga calon yang dinyatakan lolos dari proses seleksi tersebut.

"Setelah wawancara, pimpinan akan mempertimbangkan seluruh informasi yang didapatkan selama proses seleksi dan saat wawancara, serta jika ada masukan dari masyarakat," jelasnya.

Diketahui, ada 10 nama yang didaftarkan sebagai Deputi Penindakan pengganti Irjen Heru Winarko. Dari 10 pendaftar, tiga nama dari Polri dan tujuh orang asal Kejagung.

Dari Korps Bhayangkara ada Brigjen Firli, Kepala Biro Pengkajian dan Strategi Sistem Operasi Polri Brigjen Toni Harmanto, serta Perwira Menengah SSDM Polri dan Tata Ruang (penugasan di Kementerian Agraria dan Tata Ruang) Brigjen Abdul Hasyim Gani.

Sedangkan dari Kejagung, Feri Wibisono, Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur Fadli Zumhana, serta Direktur Penuntutan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Heffinur. Kemudian, Wisnu Baroto, Inspektur Muda Intelijen dan Pidana Khusus Jaksa Agung Muda Pengawasan Oktovianus, Jaksa Tua Rinkes Silalahi, serta Kepala Kejaksaan Negeri Malang Witono.

Baca: KPK Terima Nama-nama Calon Deputi Bidang Penindakan dan Penyidikan

Editor: Fatah H Sidik


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)