logo rilis
KPK Hormati PK Anas Urbaningrum
Kontributor
Tari Oktaviani
28 Mei 2018, 08:30 WIB
KPK Hormati PK Anas Urbaningrum
Komisioner KPK Saut Situmorang. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma.

RILIS.ID, Jakarta— KPK menghormati proses ajuan peninjauan kembali (PK) mantan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum. 

Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang menilai, pengakuan adanya novum baru oleh Anas menjadi salah satu proses penegakan hukum.

"Kewenangan KPK mencari bukti-bukti untuk kemudian menuntutnya, adanya proses pengembangan di dalammya itu bagian dari proses penegakan hukum hukum pembuktiannya," kata Saut dikonfirmasi, Jakarta, Senin (28/5/2018).

Namun, Saut menegaskan, KPK tetap yakin bahwa Anas terbukti terlibat korupsi P3SON Hambalang sesuai vonis hakim kala itu. 

Menurutnya, meski ada novum baru tetapi ia pastikan kalau tuntutan Jaksa KPK yang dikabulkan hakim pengadilan tindak pidana korupsi sudah benar.

"KPK tidak pernah dalam posisi ragu-ragu. Kita harus baca lagi konstruksi kasusnya lagi dimana Jaksa KPK senantiasa prudent dan firm dalam tuntutan," paparnya.

Sebelumnya, Mantan ketua umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum mengaku punya bukti baru, sehingga berani mengajukan permohonan peninjauan kembali. 

Ia yakin bukti barunya itu akan akan membuatnya terlepas dari hukumannya dalam korupsi di kasus Hambalang.

Adapun bukti baru tersebut yakni didapat dari keterangan mantan anak buah politisi Demokrat Nazarudin, Yulianis. Selain itu dua bukti lagi didapat dari Marisi Matondang dan Tubagus M Noor.

Namun, Anas masih enggan membeberkan soal detail keterangan dari tiga saksi itu. Menurutnya, ia akan menghadirkan tiga saksi itu ke muka sidang.

"Ya nanti di persidangan (selanjutnya) di hadirkan minggu depan," ujar Anas Urbaningrum usai menghadiri persidangan Peninjauan Kembali (PK) yang diajukannya di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis, 24 Mei lalu.

Editor: Andi Mohammad Ikhbal


500
komentar (0)