logo rilis
KPK Disarankan Cari Pengganti Heru dan Aris dari Internal
Kontributor
Sukardjito
04 April 2018, 12:36 WIB
KPK Disarankan Cari Pengganti Heru dan Aris dari Internal
Direktur Penyidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Brigjend Aris Budiman, memberikan keterangan di depan Pansus Hak Angket KPK, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (29/8/2017). FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diimbau untuk memilih pengganti Deputi Penindakan Heru Winarko dan Direktur Penyidikan Aris Budiman dari internal KPK. Pasalnya, jika memang dirasa belum ada sosok yang pas maka KPK bisa mencari pejabatnya yang sudah berpengalaman di KPK untuk menduduki posisi penting itu.

"Jika syarat-syarat yang ditentukan tak bisa dipenuhi, maka KPK bisa memilih calon dari internal KPK," kata pakar hukum pidana, Abdul Fickar Hadjar kepada rilis.id, Jakarta, Rabu (4/4/2018).

Ia mengatakan, hal ini juga penting untuk mempersingkat waktu. Pasalnya pencarian pada pengganti dua pejabat di KPK itu tidaklah mudah karena membutuhkan waktu yang cukup lama. Terlebih nantinya bila pendaftaran untuk calon direktur penyidikan harus diulang, ia khawatir kinerja KPK akan terganggu. 

Baca: KPK Belum Cocok dengan Pengganti Aris Budiman

"Pola rekrutmen tidak harus digantungkan pada waktu. KPK bisa membuka kesempatan tidak hanya pada calon ekternal, tapi juga memberikan kesempatan pada kalangan internal yang jelas sudah terbiasa dengan corporate culture KPK," ungkapnya.

Ia mengatakan, terpenting bagi KPK ialah harus mencari orang yang tepat. Setidaknya harus mencari sosok pejabat yang memiliki integritas pribadi yang baik.

"Yang terpenting adalah integritas pribadi, karena ini yang bisa mempertahankan kewibawaan lembaga seperti KPK, " tegasnya.


500
komentar (0)