logo rilis
KPK Butuh 60 Penyidik dari Polri
Kontributor
Tari Oktaviani
25 April 2018, 12:44 WIB
KPK Butuh 60 Penyidik dari Polri
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membutuhkan 60 orang penyidik dari Polri. Hal ini terungkap surat dari Kapolri kepada jajaran di bawahnya yang bersedia menjadi penyidik muda di KPK.

Dalam surat nomor ST/1145/IV/KEP/2018 tanggal 25 April 2018, diberitahukan KPK membutuhkan personel Polri untuk ditugaskan di lembaganya.

"Sehubungan dengan ref diatas diinformasikan kepada tersebut alamat bahwa KPK RI membutuhjan personel Polri sebanyak 60 orang sebagai penyidik muda kemudian tujuh orang sebagai ajudan pimpinan dan dua orang sebagai korsup penindakan madya dan dua orang sebagai korsup penindakan utama," bunyi petikan dalam surat yang diterima rilis.id, Jakarta, Rabu (25/4/2018).

Dalam surat itu pula dilampirkan sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi. Setidaknya ada lima syarat untuk penyidik muda dari polri yang ingin bergabung ke KPK.

"Minimal S1 STIK atau segala jurusan diutamakan hukum/akuntansi, penyidik polri dengan minimal pangkat IPTU sampai dengan Kompol, diutamakan yang memiliki latar belakang reserse yang meliputi kemampuan teknis dan manajemen penyidikan, diutamakan pernah menangani perkara tindak pidana korupsi, memiliki pengetahuan dasar di bidang hukum kemudian teknik investigasi atau pencucian uang," katanya.

Nantinya, para personel polri yang mendaftar akan dicek terlebih dahulu oleh pejabat sekelas kepala jenderal terkait administrasi dan persyaratan yang dipenuhi.
 

Editor: Sukma Alam


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)