logo rilis

KPK Benarkan Periksa TGB, Kasus Apa?
Kontributor
Tari Oktaviani
31 Mei 2018, 07:50 WIB
KPK Benarkan Periksa TGB, Kasus Apa?
Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi (kedua kanan). FOTO:

RILIS.ID, Jakarta— Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Laode M Syarief, menyampaikan pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait kasus melibatkan Gubernur Nusa Tenggara Barat, Muhammad Zainul Madji atau yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB). Sebab itu, tim KPK membutuhkan keterangan sehingga yang bersangkutan harus diperiksa di Mapolda NTB.

Laode berujar, ihwal kasus ini dari pengaduan masyarakat. Ia menjelaskan, setiap pengaduan masyarakat akan dilanjutkan menjadi penyelidikan. Dalam rangka untuk mendapatkan informasi maka biasanya KPK melakukan klarifikasi dan pengumpulan bahan keterangan (pulbaket).

"Misalnya A dilaporkan ke KPK, tim dari pengaduan masyarakat akan pergi menemui orang-orang yang berhubungan dengan si pelapor, terlapor dan orang-orang yang sekiranya mengetahui peristiwa itu untuk dimintai klarifikasi. Lalu pulbaket, pengumpulan bahan dan keterangan. Kasus ini masih dalam tahap Pulbaket," paparnya.

Syarief enggan menjelaskan detail apa kasus yang menyeret TGB itu. Sebab selama masih penyelidikan maka belum tentu didapatkan adanya praktek koupsi di dalamnya.

"Karena ini masih dalam tahapan Klarifikasi dan Pulbaket, kami belum bisa menjelaskan," paparnya.

Sebelumnya, Gubernur Nusa Tenggara Barat Muhammad Zainul Madji atau yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB) beberapa waktu lalu diperiksa KPK di Polda NTB.

"Itu proses klarifikasi, saya pikir dalam banyak hal. KPK akan melakukan klarifikasi terhadap informasi informasi atau masukan dari masyarakat," ujarnya saat di NTB, Minggu (27/5/2018).

Ia mengaku menghargai KPK yang ingin memeriksanya. "Kami merespons dengan baik. Kita komitmen untuk mendukung penegakkan hukum, jadi begitu ya," katanya.

Editor:


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)