logo rilis
KPK Bakal Telusuri Dugaan Aliran Dana KTP Elektronik ke Nurhayati
Kontributor
Tari Oktaviani
24 Mei 2018, 01:25 WIB
KPK Bakal Telusuri Dugaan Aliran Dana KTP Elektronik ke Nurhayati
Politisi Demokrat Nurhayati Ali Assegaf. FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo memastikan akan menindaklanjuti fakta persidangan terkait keterangan keponakan Setya Novanto, Irvanto Hendra Pambudi yang menyebut adanya aliran dana e-KTP ke politisi Demokrat Nurhayati Ali Assegaf. Menurutnya, segala keterangan baru di persidangan akan ditelusuri bagi KPK.

"Ya, nanti ditindaklanjuti, jadi fakta persidangan itu pasti temen-teman penuntut ‎nanti melaporkan perkembangan persidangan dan itu nanti menjadi bahannya temen-temen penyidik untuk langkah lebih lanjut," katanya di gedung KPK, Jakarta, Rabu (23/5/2018).

Meskipun begitu, Agus menjelaskan KPK tidak akan bergantung dengan keterangan Irvanto semata. Untuk itu ia menegaskan penyidik terbuka kemungkinan memanggil pihak-pihak yang namanya disebut itu.

"Ya bisa jadi. Jadi kan sumbernya bukan Irvanto tapi diberikan fakta di persidangan dan yang lain-lain, nanti temen-temen penyidik ‎akan menindaklanjuti," ungkapnya.

Sebelunnya Irvanto mengatakan kepada hakim, bahwa dirinya memberikan sejumlah uang hasil korupsi proyek e-KTP kepada Nurhayati Ali Assegaf dan Jafar Hafsah di gedung DPR, Senayan. Adapun nominal yang diberikan kepada masing-masing sebesar USD100 ribu, hasil penerimaannya dari Riswan alias Iwan Barala sebesar USD3,5 juta.
 

Editor: Yayat R Cipasang


komentar (0)