logo rilis
Korut-Korsel Sepakati Pelucutan Nuklir dan Kawasan Damai
Kontributor
Syahrain F.
27 April 2018, 19:53 WIB
Korut-Korsel Sepakati Pelucutan Nuklir dan Kawasan Damai
Kim Jong-un dan Moon Jae-in bersalaman di tempat digelarnya pertemuan puncak Korut-Korsel soal pelucutan senjata nuklir, hari ini (27/4/2018), di Panmunjom. Credit: Korea Summit Press Pool/AFP/Getty Images

RILIS.ID, Panmunjom— Pemimpin Korea Utara dan Selatan sepakat untuk "denuklirisasi total" dan mewujudkan perdamaian abadi di Semenanjung Korea.

Kesepakatan itu lahir dalam pertemuan bilateral bersejarah antara Presiden Korsel Moon Jae-in dan Pemimpin Korut Kim Jong-un di wilayah perbatasan Panmunjom di Selatan.

"Kedua pemimpin dengan sungguh-sungguh menyatakan bahwa tidak akan ada lagi perang di Semenanjung Korea dan era baru perdamaian telah tiba," kata mereka dalam deklarasi bersama setelah pertemuan itu, seperti dilansir oleh kantor berita Yonhap.

Mereka juga menegaskan akan kembali kesepakatan awal untuk "Semenanjung Korea yang bebas nuklir melalui denuklirisasi penuh".

Menurut Yonhap, Utara-Selatan juga sepakat melanjutkan perundingan tiga atau empat arah dengan melibatkan AS dan Cina untuk mengubah gencatan senjata dengan perjanjian damai.

Deklarasi bersama itu berbunyi: "Utara dan Selatan tidak akan menggunakan kekuatan dalam bentuk apapun terhadap satu sama lain."

Moon dan Kim menyepakati untuk mengurangi kekuatan militer mereka secara bertahap ketika ketegangan militer benar-benar berakhir dan kepercayaan di antara keduanya terjamin.

Sumber: Anadolu Agency


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)