logo rilis
Korut Dilaporkan Siap Lucuti Program Senjata Nuklir
Kontributor
Syahrain F.
24 April 2018, 17:33 WIB
Korut Dilaporkan Siap Lucuti Program Senjata Nuklir
Pemimpin Korut Kim Jong-un menengadah ke langit. Credit: KCNA via BI

RILIS.ID, Seoul— Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dilaporkan tengah mempersiapkan apa yang selama ini diminta pihak internasional: membuka akses masuk bagi penyelidik untuk memastikan proses denuklirisasi.

Kim diperkirakan akan mengirimkan pesan ke AS dan menyampaikan kesediaannya untuk membuka akses bagi Badan Tenaga Atom Internasional, menurut koran Dong-A Ilbo dari Korea Selatan pada Selasa (24/4/2018).

Surat kabar itu mengatakan, Badan Intelijen Nasional (NIS) Korea Utara mengamati bahwa Kim merespons positif kunjungan Direktur CIA dan calon Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, yang ditugaskan untuk membujuk Korea Utara melakukan denuklirisasi.

Melansir kantor berita Anadollu Agency, rezim Kim pekan lalu mengumumkan akan mengakhiri uji coba rudal nuklir antarbenua namun tidak berkomitmen terhadap denuklirisasi.

Di tengah kecurigaan terhadap keseriusan sikap Pyongyang ini, Juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders mengatakan, sanksi-sanksi global tidak akan dicabut hingga Korea Utara sudah "mengambil langkah-langkah konkrit untuk denuklirisasi".

Jumat nanti, Korea Utara dan Selatan akan menggelar pertemuan pertama dalam sepuluh tahun terakhir.


500
komentar (0)