logo rilis
Koruptor BLBI Balikan Uang Negara, Komisi III: Bravo Kejaksaan
Kontributor
Tari Oktaviani
18 Mei 2018, 07:24 WIB
Koruptor BLBI Balikan Uang Negara, Komisi III: Bravo Kejaksaan
Kejaksaan Agung. FOTO: setkab.go.id

RILIS.ID, Jakarta— Anggota Komisi III DPR, Arteria Dahlan, menilai, pengembalian uang korupsi BLBI sebanyak Rp87 miliar menjadi bukti majunya penegakan hukum di Indonesia. 

Ia pun mengapresiasi kinerja Kejaksaan yang telah berhasil mengembalikan kerugian negara sebesar Rp169 miliar ke kas negara dari terpidana BLBI Samadikun Hartono.

Menurutnya, penegakan hukum tidak hanya berkutat pada memenjarakan seseorang melainkan yang terpenting ialah mengejar kerugian keuangan negara.

"Ini prestasi, patut dipertahankan dan dijadikan contoh, bahwa penegakan hukum itu tidak hanya fokus untuk membuktikan yang bersangkutan korupsi untuk kemudian memenjarakannya, akan tetapi juga memperhatikan pengembalian aset negara, kerugian negara, atau memaksimalkan asset recovery harusnnya lebih utama dibandingkan melakukan pemberatan hukuman pidana penjara," paparnya, Jakarta, Jumat (18/5/2018).

Politisi PDIP itu mengatakan, sejatinya instrumen tindak pidana korupsi ini dihadirkan guna mendukung percepatan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi negara. Bukan semata-semata hanya untuk mencari siapa yang salah.

"Sekali lagi bravo kejaksaan Agung, semoga prestasi ini dapat dipertahankan, bahkan ditingkatkan lagi, serta dicontoh oleh lembaga penegak hukum yang menangani tindak pidana korupsi lainnya," tuturnya.

Sebelumnya, Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat berhasil mengeksekusi sisa uang pengganti dari terpidana korupsi dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) Samadikun Hartono sebesar Rp87 miliar. Uang tersebut dibayarkan terpidana ke Bank Mandiri untuk kemudian disetorkan ke kas negara.

Editor: Sukardjito


500
komentar (0)