logo rilis
Korupsi e-KTP, Jaksa: KPK Pegang Bukti Keterlibatan Novanto
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
09 Maret 2017, 14:51 WIB
Korupsi e-KTP, Jaksa: KPK Pegang Bukti Keterlibatan Novanto
Ketua DPR RI Setya Novanto saat memberikan keterangan pers kepada wartawan di Gedung DPR RI, Rabu (8/3/2017). FOTO: RILI

RILIS.ID, Jakarta— Babak baru megaproyek KTP elektronik (e-KTP) sudah dimulai setelah berlangsungnya sidang pertama di PN Tipikor, Jakarta Pusat. Sejumlah nama besar disebut-sebut turut menikmati aliran dana proyek tersebut, salah satunya Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK, Irene Putri mengungkapkan, surat dakwaan yang dibacakan oleh JPU sudah terkonfirmasi dengan alat bukti, termasuk dugaan keterlibatan Setya Novanto.

"Iya pasti. Setiap kalimat dalam surat dakwaan kita udah konfirmasi dengan minimal dua alat bukti," kata Jaksa Irene usai persidangan di PN Tipikor, Jakarta Pusat, Kamis (9/3/2017).

Jaksa Irene menegaskan, sejumlah nama yang disebutkan dalam surat dakwaan terdakwa mantan Dirjen Kependudukan dan Pencatatan ‎Sipil Kementerian Dalam Negeri, Irman dan Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Ditjen Dukcapil Kemendagri, Sugiharto itu dipersilahkan untuk dibantah di persidangan.

"Kalau ada pihak yang membantah silahkan, tapi kita punya dua alat bukti," ujar Irene.

Jaksa Irene juga memastikan, pihaknya akan segera menghadirkan sejumlah nama yang disebut dalam surat dakwaan itu. Termasuk juga dari Kementerian Keuangan yang memiliki kewenangan.

"Karena menurut saya ini kasus korupsi yang paling besar 2.3 T," ujar dia.

Seperti diketahui, Pengadilan Negeri Tipikor menggelar sidang kasus e-KTP pada hari ini. Sebelumnya, pada 1 Maret 2017 KPK telah melimpahkan kasus tersebut kapada PN Tipikor dengan lembaran berkas kasus sebanyak 24 ribu lembar.

Nama Setya Novanto disebut-sebut dalam surat dakwaan yang dibacakan oleh JPU. Bersama dengan Andi Narogong, Novanto disebut menerima 11 persen dari total anggaran proyek tersebut yang mencapai Rp5,7 triliun.


#Sidang e-KTP
#Setya Novanto
#Korupsi e-KTP
Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID