logo rilis

Korsel Sebut Korut Belum Tutup Pintu untuk AS
Kontributor
Tari Oktaviani
14 Januari 2020, 17:41 WIB
Korsel Sebut Korut Belum Tutup Pintu untuk AS
ILUSTRASI: Istimewa

RILIS.ID, Korea Selat— Presiden Korea Selatan Moon Jae-in menyebut Korea Utara belum menutup pintu untuk Amerika Serikat guna  pembahasan soal pelucutan senjata (denuklirisasi). Menurutnya, surat yang disampaikan Presiden AS Donald Trump kepada Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menjadi respon positif karena adanya kemungkinan untuk bernegosiasi.

"Beberapa kalangan sebelumnya khawatir soal putaran baru provokasi yang muncul pada hari ulang tahun Ketua Kim," kata Moon dalam konferensi pers di kantor kepresidenan, Gedung Biru.

"Tapi, Presiden Trump justru mengirim ucapan selamat ulang tahun untuk menekankan kemauannya berunding. Itu ide yang bagus." Ujarnya.

Pejabat Kementerian Luar Negeri Korea Utara sendiri menyampaikan bahwa walaupun Kim menyukai pribadi Trump namun bukan berarti ia akan membuat kebijakan berdasarkan perasaan pribadinya.

"Korea Utara telah menjelaskan bahwa pintu untuk dialog tidak tertutup dengan mengatakan bahwa mereka akan kembali melakukan perundingan hanya jika tuntutan-tuntutan mereka dipenuhi," katanya.

"Pembicaraan antara AS dan Korut saat ini tidak aktif, tapi bisa saya sampaikan bahwa kedua pemimpin, yaitu Presiden Trump dan Ketua Kim, masih mempercayai satu sama lain dan melanjutkan upaya-upaya mereka." Sambungnya.

Sumber: Antara




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID