logo rilis
Kontroversi Puisi Sukmawati, HMI Angkat Bicara
Kontributor
Elvi R
03 April 2018, 17:39 WIB
Kontroversi Puisi Sukmawati, HMI Angkat Bicara
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta — Ketua Umum PB HMI Respiratori Saddam Al Jihad menyayangkan karya seni Puisi Sukmawati yang berjudul Ibu Indonesia. Menurutnya, karya seni yang semestinya teduh dan mendamaikan hati umat, tapi justru menyulut emosi umat Islam. 

Puisi yang dibacakan saat 29 Tahun Anne Avantie Berkarya di ajang Indonesia Fashion Week 2018, Rabu (28/3/18) itu dinilai mengandung kata yang menyinggung hati umat Islam. Yakni pada bait, 'Sari konde ibu Indonesia sangatlah indah, Lebih cantik dari cadar dirimu'. Kemudian 'Suara kidung Ibu Indonesia, sangatlah elok Lebih merdu dari alunan azanmu'.

"Seharusnya ibunda Sukmawati menjadikan seni sebagai instrument kata-kata yang teduh dan mendamaikan, bukan kemudian melukai keyakinan suatu umat, "cetusnya di Markas Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam, Jln. Sultan Agung No 25 Jakarta Selatan, Selasa (3/4/18).

Saddam menyebut, sebagai anak yang lahir dari rahim pendiri bangsa, seharusnya Sukmawati memahami betul psikologi umat muslim di indonesia akhir-akhir ini. 

"Terlebih, isi puisi tersebut mengadung banyak diksi yang melukai hati umat Islam," kata Saddam.

Mahasiswa doktoral Institut Pemerintahan Dalam Negeri ini mengajak semua pihak untuk menjaga prinsip-prinsip dalam berseni. Sehingga tidak menyinggung pihak mana pun dan membuat kegaduhan.

"Mari kita jaga indonesia dengan kebhinekaan, kebudayaan dan kesenian yang santun dan bermartabat,"paparnya. 




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID