Home » Muda

Kongres Jurnalis Muslim Tekankan Profesionalitas Media Islam

print this page Jumat, 12/1/2018 | 21:05

Peserta anggota Kongres JITU IV melakukan sesi foto bersama di Villa Bumi Alata, Puncak, Bogor, Jumat (12/1/2018). FOTO: Dok. JITU/Zakhi

RILIS.ID, Bogor— Organisasi kewartawanan Jurnalis Islam Bersatu (JITU) menggelar kongres keempat di Villa Bumi Alata, Puncak, Bogor, pada Jumat (12/1/2018).

Kongres yang dihadiri jurnalis dari sejumlah media cetak dan digital itu memiliki agenda utama pemilihan ketua umum baru. 

Ketua Umum demisioner JITU Agus Abdullah menjelaskan, agenda-agenda pada kongres itu memiliki fungsi strategis bagi kerja-kerja jurnalis muslim ke depannya.

Di antaranya adalah pembahasan rancangan AD/ART dan pengukuhan kode etik jurnalis muslim

"Termasuk pengukuhan kode etik JITU yang dianggap banyak pihak sebagai kode etik yang representatif terkait jurnalistik Islam," ujar Agus. 

Selain sejumlah agenda di atas, lanjut Agus, kongres kali ini juga menekankan pemantapan profesionalitas dan keahlian jurnalistik para anggota JITU. 

Pemantapan itu, menurutnya, memiliki urgensi di tengah tingginya antusiasme dan kebutuhan masyarakat terhadap jurnalistik Islam.   

"JITU sendiri merasakan bagaimana antusiasme masyarakat terhadap jurnalis Muslim. Kode etik kami diapresiasi banyak pihak dari akademisi, praktisi, hingga ulama yang mampu menggali nilai-nilai Islam dalam jurnalistik," ujar jebolan S2 Timur Tengah Universitas Indonesia ini. 

Hingga saat ini, anggota JITU telah banyak melahirkan produk-produk jurnalistik yang telah dipublikasikan di banyak media. Tidak hanya terpampang di media, JITU juga telah mempublikasikan karya tulis yang telah dibukukan.

"JITU juga telah melahirkan dua karya berjudul 'Mengetuk Pintu Langit' tentang aksi bela Islam dan 'Dari Kata Menjadi Senjata' tentang konfrontasi Partai Komunis Indonesia dan umat Islam," tandas Agus. 

Dari kongres itu terpilih jurnalis dari kantor berita Turki Anadolu Agency Muhammad Pizaro sebagai Ketua Umum JITU periode 2018-2021.

Penulis Syahrain F.

Tags:

KONGRES JITUKONGRES IV JITU