logo rilis
Kompak! Penyelenggara Pemilu Bantah Praktik Jual-Beli C1 Plano
Kontributor
Doni Marhendro TN
23 April 2019, 20:39 WIB
Kompak! Penyelenggara Pemilu Bantah Praktik Jual-Beli C1 Plano
ILUSTRASI: RILIS.ID

RILIS.ID, Tanggerang— Badan Pengawas Pemilu dan Komisi Pemilihan Umum (Bawaslu-KPU) Banten membantah tudingan praktik jual beli C1 Plano alias catatan hasil penghitungan suara (baca: Setara Institute Beber Dugaan Jual-Beli C1 Plano di Banten).

Ketua Bawaslu Provinsi Banten, Didih M Sudi, menyatakan telah memerintahkan langsung jajarannya untuk menginvestigasi.

”Karena ini menyangkut hukum, perlu bukti. Lebih bagus lagi kalau dilaporkan secara resmi," tegas Didih kepada rilis.id, Selasa (23/4/2019).

Ketua KPU Banten, Wahyul Furqon, mengungkapkan hal sama. Menurutnya, tidak ada jual beli C1. Proses pleno rekapitulasi di panitia pemilihan kecamatan (PPK) masih berjalan.

”Semua saksi-saksi bisa memastikan ketepatan jumlah perolehan suara," tandas Wahyul Furqon.

Komisioner Bawaslu Tangerang Selatan (Tangsel), Slamet Sentosa, juga mengaku tak menemukan bukti yang dimaksud Setara Institute.

"Justru yang kita temukan banyak KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemunggutan Suara) yang memasukan C1 ke kotak sehingga baru bisa dilihat ketika pleno," ujar Slamet.

Pada prinsipnya, Bawaslu sudah memberikan masukan agar pemasangan C1 disegerakan. Terkait hal lain-lain, Bawaslu menyerahkannya ke KPU.

Namun sayang hingga berita diturunkan, Ketua KPU Tangsel, Bambang Dwitoro, tidak menjawab WhatsApp wartawan media ini. (*)

Editor: gueade




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID