logo rilis

Komnas HAM Setuju Penghapusan Kata 'Motif' dan 'Politik' dalam Definisi Terorisme
Kontributor
Yayat R Cipasang
24 Mei 2018, 05:24 WIB
Komnas HAM Setuju Penghapusan Kata 'Motif' dan 'Politik' dalam Definisi Terorisme
ILUSTRASI: Hafiz

RILIS.ID, Jakarta— Komisi Nasional  Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mendukung penghilangan kata 'motif' dan juga kata 'politik' dalam definisi tentang UU Anntiterorisme.

"Hilangnya kata motif dapat mempermudah proses penegakan hukum, mempermudah pemenuhan unsur tindak pidana dan lebih jauh mempermudah akuntabilitas," kata anggota Komnas HAM Choirul Anam dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (23/5/2018).

Dalam beberapa kasus, kata Anam, istilah motif ini dalam beberapa kasus akan melebar dan bisa melanggar HAM. "Kata politik juga dihapus dan ini sangat baik karena mencegah penyalahgunaan kewenangan untuk kepentingan politik,"  ujarnya.

Komnas HAM juga, kata Anam,  tidak setuju melibatkan TNI karena RUU Antiterorisme substansinya berupa penegakan hukum. Keterlibatan TNI sudah diatur dalam UU TNI. "Pelibatan TNI sudah sesuai dengan tupoksinya dan itu diatur dalam UU TNI," ujar Anam.

"Penting dalam pelibatan TNI itu pengaturan skala acaman, objek vital, penindakan, sifat sementara dan merupakan keputusan politik," tambahnya.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)