logo rilis
Komisi V Temukan Pungli Penumpang Bus di Terminal Purabaya
Kontributor
Budi Prasetyo
18 Mei 2018, 08:40 WIB
Komisi V Temukan Pungli Penumpang Bus di Terminal Purabaya
Penumpang di Terminal Purabaya. FOTO: RILIS.ID/Budi Prasetyo.

RILIS.ID, Jakarta— Anggota Komisi V DPR RI, Bambang Haryo, menemukan sejumlah pelanggaran di Terminal Purabaya, Sidoarjo. Di antaranya adalah tarif penumpang tidak sesuai dengan tarif resmi, serta terdapat armada yang jalan tidak sesuai dengan trayek. 

"Temuan ini harus ditindaklanjuti," katanya pada Kamis (17/5/2018).

Bambang Haryo menuturkan, terdapat tarif yang diberlakukan untuk turis di pusat informasi terminal diinformasikan kalau tarif bis ke Probolinggo sebesar Rp20 ribu dan yang diberlakukan pada masyarakat lokal Rp18 ribu, sedangkan tarif secara resmi untuk tarif batas bawah harganya Rp9.500 ribu dan batas atas Rp15.500 ribu. 

"Temuan itu bentuk pungli yang dilegalkan. Kami akan langsung menindaklanjuti dengan melaporkan ke kemenhub, agar segera dilakukan evaluasi dan perbaikan pelayanan, apalagi sudah menjelang arus balik," tambahnya. 

Politisi asal Partai Gerindra ini juga menemukan adanya armada yang menaikkan penumpang yang tidak sesuai dengan trayek yang dilewati dan itu sangat merugikan penumpang. Akibatnya, penumpang bisa dihentikan di tengah jalan, tidak sesuai dengan tujuan awal.

Bambang Haryo, menegaskan, selain berbagai temuan tersebut, juga banyak berbagai temuan lainnya seperti tidak adanya pelayanan kesehatan maupun ambulan. "Tidak ada papan tarif yang dipampang di terminal," tutupnya. 

Editor:


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)