logo rilis
Komisi III Setuju Lapas Khusus Teroris
Kontributor
Tari Oktaviani
15 Mei 2018, 08:51 WIB
Komisi III Setuju Lapas Khusus Teroris
Anggota Komisi III Arteria Dahlan. FOTO: Laman Resmi DPR

RILIS.ID, Jakarta— Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Arteria Dahlan menginginkan narapidana teroris ditempatkan di lapas khusus yang berstatus high maximum security. Menurutnya, banyaknya arapidana teroris maka perlu dibuatkan rutan tersendiri.

Ia menyebut hal tersebut merupakan salah satu poin yang disepakati oleh DPR, DPD dan Kapolri pada kunjungan ke Surabaya, Senin (14/5/2018).

"Kami sepakat untuk melakukan perbaikan saran dan prasarana, khususnya terkait dengan pengadaan Lapas khusus Napiter baru dengan konsep Maximum Security bagi teroris yang sudah tervonis berkekuatan hukum tetap dan pengadaan rumah tahanan khusus tersangka ataupun terdakwa teroris di Cikeas," katanya melalui siaran pers yang diterima rilis.id, Jakarta, Selasa (15/5/2018).

Pria yang juga politisi PDIP itu berujar, dalam waktu dekat akan bertemu dengan Menkumham guna membicarakan inisiasi tersebut lebih lanjut. Tak hanya itu saja, DPR juga akan membahas penjagaan para napi teroris di lapas.

"Komisi III DPR-RI dalam waktu dekat, Insya Allah tidak lebih dari Minggu sepakat untuk bertemu Menkumham dan Dirjen PAS guna lebih mengefektifkan hal-hal itu," paparnya.

Sebelumnya, sebanyak 145 napi kasus terorisme yang dipindah dari Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, tiba di Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, pada Kamis (10/5) petang. 

Sementara, 10 napi kasus terorisme lainnya yang terlibat dalam kerusuhan di Mako Brimob tidak turut dipindahkan lantaran masih menjalani pemeriksaan.

Editor: Sukardjito


500
komentar (0)