logo rilis

Komisi III Sayangkan Rencana Mogok Pilot Garuda
Kontributor
Tari Oktaviani
02 Juni 2018, 08:32 WIB
Komisi III Sayangkan Rencana Mogok Pilot Garuda

RILIS.ID, Jakarta— Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Arteria Dahlan, menyoroti rencana mogok kerja para pilot Garuda Indonesia di hari lebaran. Ia mengatakan, dalam undang-undang mogok kerja merupakan bagian dari hak pekerja namun ia menyayangkan apabila mogok kerja pilot dilakukan saat hari raya.

"Saya sangat prihatin, sedih dan kecewa apabila hak tersebut dilangsungkan saat bangsa kita sedang menghadapi aktivitas hari raya, sedang melaksanakan aktivitas saat Hari Raya Idul Fitri," katanya dalam siaran pers yang diterima rilis.id, Jakarta, Sabtu (2/6/2018).

Politisi PDIP itu juga meminta agar ancaman mogok karyawan Garuda Indonesia dapat diselesaikan secara bipartit, antara korporasi dan serikat kerja. Bahkan menurutnya, bila perlu Menteri BUMN Rini Soemarno ikut turun tangan guna melakukan dialog agar menemukan jalan keluar.

"Bayangkan kalau 1.300 pilot dan 5.000 kru Garuda Indonesia akan melakukan aksi mogok kerja Saat arus mudik Lebaran, itu sudah menimbulkan gangguan serius terhadap giat mudik lebaran yang menjadi agenda strategis nasional," paparnya.

Menteri BUMN dan Menteri Perhubungan juga perlu andil guna siaga melakukan upaya antisipatif apabila semua kru dan karyawan Garuda sepakat aksi mogok. 
Ia juga berharap kepada pekerja Garuda Indonesia untuk tetap memenuhi hak konsumen.

"Kalau tuntutannya melakukan perombakan pada direksi Garuda dan membahas kerugian perusahaan hingga US$ 213,4 juta atau sekitar Rp2,88 triliun pada 2017, yang diduga karena kegagalan direksi dalam mengelola perusahaan atau terkait, itu kan tidak perlu melakukan mogok kerja, apalagi tidak berkaitan langsung dengan hak-hak dan kesejahteraan para pilot dan crew, saya mohon agar dapat tetap memprioritaskan komitmen bersama terkait upaya pemenuhan hak konsumen khususnya memberikan pelayanan terbaik saat Hari Raya Lebaran," ungkapnya.

Editor:


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)