logo rilis
Komisi III Minta Aparat Usut Rekaman Rini Soemarno
Kontributor
Budi Prasetyo
30 April 2018, 12:49 WIB
Komisi III Minta Aparat Usut Rekaman Rini Soemarno
Menteri BUMN Rini Soemarno.

RILIS.ID, Jakarta— Anggota komisi III DPR RI, Adies Kadir, meminta aparat penegak hukum melakukan investigasi beredarnya rekaman antara Menteri BUMN Rini Soemarno dan Direktur PLN Sofyan Basyir. 

Menurut dia, asal-usul rekaman itu harus ditelusuri agar terbukti sah atau tidak sumbernya. 

"Segala bentuk rekaman sah adalah dari penegak hukum. Kalau dari luar itu maka tidak sah. Aparat penegak hukum harus investigasi apakah itu suara bersangkutan karena teknologi sudah canggih," katanya di kantor DPD Golkar Jawa Timur, Senin (30/4/2018).

Dia mempersilakan jika memang ada masyarakat yang ingin melaporkan rekaman itu ke aparat penegak hukum. Adies juga mempertanyakan motif pembicaraan tersebut. 

"Apakah betul bisa sevulgar itu, kalau ada masyarakat mau menggugat sah-sah saja. Kita serahkan ke penegak hukum," tambahnya.
 
DijeLaskan Adies, rekaman atau sadapan itu merupakan rahasia negara. Yang berhak untuk menyadap adalah aparat penegak hukum. 

"Itu rahasia negara, apakah bagian dari penyelidikan atau direkam untuk apa.  Tidak bisa asal menyadap. Dan yang boleh menyadap hanya penegak hukum dan kok sampai bocor," pungkasnya. 

Editor: Sukardjito


500
komentar (0)