logo rilis

Kominfo Ajak Pengusaha Daftarkan Sistem Elektroniknya
Kontributor
Andi Mohammad Ikhbal
07 Juni 2018, 15:37 WIB
Kominfo Ajak Pengusaha Daftarkan Sistem Elektroniknya
Pendaftaran PSE Kominfo. FOTO: RILIS.ID/AM Ikhbal.

RILIS.ID, Bekasi— Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meminta setiap perusahaan yang melakukan transaksi elektronik untuk melakukan pendaftaran sistem elektronik (PSE).

Hal ini sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Kominfo No. 36 Tahun 2014 tentang Tata Cara Pendaftaran Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PSTE). 

Acuannya adalah Peraturan Pemerintah (PP) No. 82 Tahun 2012 tentang Sistem Transaksi Elektronik. Serta, Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Pada Kamis (7/6/2018), Kementerian Kominfo menggelar diskusi "Penggunaan Aplikasi Layanan Aptika Terintegrasi untuk PSE Instansi Non Penyelenggara Negara" di Kota Bekasi.

Kegiatan tersebut digagas Dirjen E-Business Kementerian Kominfo, Azhar Hasyim. Hal ini karena telah dibangunnya layanan terintegrasi untuk seluruh aplikasi informatika.

Staf teknis Kominfo, Rio Andhiko, dalam paparannya menjelaskan bahwa untuk melakukan pendaftaran PSE bisa membuka laman pse.kominfo.go.id.

"Setelah itu, lakukan aktivasi akun dan login," kata Rio.

Usai itu, pendaftar bisa mengisi formulir dan mengunggah dokumen perusahaan. Barulah setelah ini, akan ada proses verifikasi profil entitas oleh Kominfo.

Tahap selanjutnya, masuk ke gambaran teknis sistem elektronik. Di sini, peserta diminta mengisi data sistem elektroniknya. Di mana setelah itu, akan ada verifikasi lanjutan.

"Langkah terakhir adalah pencetakan tanda PSE," tutup dia.

Adapun sistem elektronik yang wajib mendaftar PSE antara lain, portal situs atau aplikasi perdagangan barang/jasa. Lalu, sistem pembayaran atau keuangan elektronik. 

Kemudian, sistem yang memproses informasi elektronik yang membutuhkan deposit dana, aplikasi atau laman untuk mengolah atau menyimpan data pelanggan terkait transaksi keuangan.

Terkahir adalah sistem yang digunakan untuk mengirimkan materi berbayar melalui jaringan data. Semua ini pengusaha yang memanfaatkan sistem ini harus melakukan PSE.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)