logo rilis
Klaim Internet Ada Sejak Mahabharata, Menteri India Diolok Warganet
Kontributor
Syahrain F.
18 April 2018, 21:49 WIB
Klaim Internet Ada Sejak Mahabharata, Menteri India Diolok Warganet
Menteri Biplab Deb. FOTO: Indian Express/Abhishek Saha

RILIS.ID, Jakarta— Seorang menteri di India di-bully habis oleh warganet setelah mengklaim nenek-moyang negara itu merupakan penemu internet sesungguhnya pada ribuan tahun silam.

Tak butuh lama bagi mesin di Twitter untuk menjadikan menteri yang bernama Biplab Deb (Tripura CM Biplap Deb) itu menjadi trending topic. 

Dalam cuitannya, dia menyebut sejumlah cerita sejarah India kuno seperti Mahabharata untuk menguatkan argumentasi hebohnya itu.

Deb, merupakan salah satu anggota partai Hindu-nasionalis BJP yang banyak melakukan klaim-klaim penemuan sains di era modern telah ditemukan sejak beberapa abad silam. PM India Narendra Modi--yang juga merupakan pimpinan BJP--sering melontarkan pernyataan yang sama dengan Deb.

Melansir dari BBC, pada 2014, Modi berbicara di hadapan para dokter dan pekerja medis di rumah sakit di Mumbai bahwa bedah kosmetik telah ada sejak masa India kuno.

Tak terlalu lama, pada September tahun lalu, Menteri Pendidikan Satyapal Singh membuat publik mengerenyitkan dahi setelah dirinya mengklaim bahwa pesawat terbang telah disebutkan dalam cerita legenda Hindu, Ramayana.

Olok-olokan dan nada skeptis dilontarkan oleh para warganet menyikapi pernyataan para pejabat India tersebut.

"Pernyataan yang tidak intelek dan mundur dari jajaran BJP semakin membuat terheran-heran dan mengkhawatirkan. Ketimbang menyelesaikan permasalahan saat ini, mereka malah sibuk dengan romantisme cerita fiksi yang tak pernah benar-benar terjadi. Menyedihkan dan memalukan," cuit Rupa Subramanya.

"Setidaknya saya harap bandwith (di zaman India kuno) lebih baik dari yang ditawarkan ISP (penyedia jasa internet) hari ini..." sitir Kshitij Nagar.


500
komentar (0)