logo rilis

KIP Aceh Wajibkan Caleg Bisa Baca Alquran
Kontributor
Andi Mohammad Ikhbal
18 Juli 2018, 22:15 WIB
KIP Aceh Wajibkan Caleg Bisa Baca Alquran
Ilustrasi uji baca Al Quran untuk para caleg. FOTO: Pixabay

RILIS.ID, Banda Aceh— Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh mewajibkan para bakal calon anggota legislatif (caleg) mengikuti uji baca Alquran.

"Uji baca Alquran ini merupakan syarat kumulatif. Jika tidak mampu, maka bakal calon tidak bisa ditetapkan sebagai calon," kata Kepala Bagian Program Data Organisasi dan Sumber Daya Manusia KIP Aceh, Nasruddin Hasan, di Banda Aceh, Rabu (18/7/2018).

Menurut Nasruddin, dasar hukum uji baca Alquran berpedoman pada Qanun Aceh No. 3 Tahun 2008 tentang Partai Politik Lokal Peserta Pemilu DPR Aceh dan DPR kabupaten/kota di Aceh.

Dalam qanun tersebut, lanjut dia, setiap bakal calon anggota legislatif, baik DPR Aceh maupun DPR kabupaten/kota wajib mengikuti uji mampu baca Alquran.

"Uji mampu baca Alquran tersebut hanya untuk bakal calon beragama Islam. Sedangkan, nonmuslim tidak dikenakan ujian tersebut. Tes baca Alquran ini sudah dilakukan sejak pemilu legislatif 2009," ungkap Nasruddin.

Bagi yang tidak mampu baca Alquran, sebut dia, partai politik pengusung diberi kesempatan menggantikan bakal caleg yang bersangkutan. Kesempatan mengganti bakal caleg diberikan pada masa perbaikan.

KIP Aceh, kata Nasruddin, saat ini sedang melakukan uji baca Alquran terhadap bakal caleg DPR Aceh. Ada kurang lebih 1.600 bakal caleg yang mengikuti uji mampu baca Alquran.

Pengujinya, sebut Nasruddin, berasal dari unsur Lembaga Pendidikan Alquran (LPQ), Kementerian Agama, dan Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU). Penguji akan menyerahkan hasil yang diuji dalam bentuk mampu dan tidak mampu.

"Tes baca Alquran ini berlangsung sejak kemarin dan dijadwal berakhir besok. Sedangkan pengumumannya dilakukan dua hari kemudian. Bagi yang dinyatakan tidak mampu, maka pencalonannya dianggap gugur," kata Nasruddin Hasan.

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)