Home » Bisnis

Bukti Kinerja Membanggakan Bank BJB di Tahun 2016-2017

print this page Jumat, 22/12/2017 | 21:36

Dirut Bank BJB Ahmad Irfan (kedua kanan) foto bersama juara 2 dan 3 usai penyerahan penghargaan Annual Report Award (ARA) 2016 di Jakarta, Selasa (19/9/2017). Bank BJB meraih penghargaan dalam ajang prestisius ARA Tahun Buku 2016, dengan predikat juara I pada kategori BUMD Listed Company. FOTO: Bank BJB

RILIS.ID, Bandung— PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (BJB) Tbk berhasil menunjukkan catatan prestasi yang membanggakan sepanjang tahun ini, di tengah-tengah tekanan perekonomian global maupun ekonomi nasional yang masih bergejolak.

Beberapa catatan positif yang ditorehkan Bank BJB ini bisa dilihat dari sisi laba, pertumbuhan kredit, aset, maupun peningkatan layanan.

Dilihat dari kinerjanya hingga triwulan III/2017, Bank BJB mencatatkan laba bersih sebesar Rp1,3 triliun. Raihan ini ditopang dari hasil ekspansi kredit yang tumbuh sebesar 11,9 persen dibandingkan dengan tahun lalu (year on year/yoy). Total kredit yang disalurkan Bank BJB sebesar Rp70,5 triliun, dan diimbangi dengan kenaikan fee based income 18,5 persen (yoy).

Selain itu, pencapaian kinerja yang bagus juga terlihat dari dana yang dihimpun oleh Bank BJB. Total dana pihak ketiga (DPK) yang berhasil dihimpun hingga triwulan III/2017 ini tercatat sebesar Rp86,6 triliun, tumbuh 18,6 persen (yoy). Adapun dari total aset Bank BJB tercatat sebesar Rp114,2 triliun, atau tumbuh 12,5 persen dibandingkan periode sama tahun lalu. Kinerja tersebut ditopang kualitas pelayanan yang terus mengalami peningkatan.

Atas berbagai catatan positif itu, Bank BJB meraih berbagai penghargaan prestisius dan membanggakan sepanjang 2017 dari berbagai instansi, masyarakat, serta stakeholder.

Direktur Utama Bank BJB Ahmad Irfan mengatakan saat ini prestasi Bank BJB tidak hanya dilihat dari pertumbuhan aset saja, tapi juga permodalan yang kuat dan sisi pelayanan terus meningkat.

Dalam menjalankan bisnisnya, Bank BJB juga, senantiasa mematuhi peraturan yang berlaku dan selalu mengimplementasikan penerapan good corporate governance (GCG) dengan baik, untuk menghindari praktik korupsi, dan kolusi.

"Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan Bank BJB dengan mengedepankan prinsip kehati-hatian dan azas prudential banking," ujar Direktur Utama Bank BJB Ahmad Irfan.

Menurutnya, penghargaan yang diperoleh bank kebanggaan masyarakat Jabar dan Banten ini merupakan bukti nyata apresiasi dari pihak luar terhadap perkembangan perusahaan. Penghargaan yang selalu diraih Bank BJB tidak terlepas dari sokongan dan kerja keras berbagai pihak.

"Kami sampaikan terima kasih atas dukungan nasabah, pemegang saham, dan komisaris sehingga BJB memperoleh banyak awards. Ini apresiasi dari pihak luar yang harus dibuktikan dengan tetap rendah hati dan kerja keras," jelas Ahmad Irfan.

Di lantai bursa saham, Bank BJB dengan kode BJBR masuk kategori LQ45, yakni kategori bergengsi dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Hal tersebut mencerminkan tingkat kepercayaan yang tinggi dari investor kepada Bank BJB.

Prestasi membanggakan tidak hanya dari Bank BJB. Salah satu anak usaha, Bank BJB Syariah juga mencatatkan prestasi bagus. Baru-baru ini, Bank BJB Syariah berhasil mengantongi penghargaan Kategori Khusus sebagai Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang sukses melakukan spin off ke Bank Syariah dalam Anugerah Syariah Republika 2017 (ASR 2017). Penghargaan diserahkan pada Rabu (6/12) oleh Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Muliaman D Hadad kepada Direktur Bank BJB Syariah, Indra Falatehan.

Indra Falatehan menyebutkan awards ini merupakan apresiasi dari pihak luar terhadap kinerja yang sudah dilakukan Bank BJB Syariah selama ini.

Dia menilai penghargaan ini juga sangat baik karena telah memberikan apresiasi dan perhatian kepada industri dan perbankan syariah sehingga bisa memotivasi untuk lebih baik lagi.

Ini Daftar penghargaan yang diraih Bank BJB pada 2017:

Triwulan I

1. Penghargaan AAEI & CSA INSTITUTE - Emithen Pilihan Analis Dalam Program Yuk Nabung Saham 2017.

2. Penghargaan Excellent Service Experience Award ESEA 2017 - Good Performance In Delivering Positive Costumer Experience.

3. Penghargaan Galamedia Awards 2017 - Pelopor Pembayaran PBB.

4. Penghargaan Mitra Pembangunan Jawa Barat Melalui Program CSR atau PKBL Perusahaan Tahun 2016.

5. Penghargaan Kemenkeu Dirjen Pajak Kanwil DJP Jabar 1 KPP Madya Bandung - Kontribusi Penerimaan Pajak Terbesar & Tingkat Kepatuhan Tertinggi Tahun 2016

Triwulan II

6. Penghargaan TOP BPD 2017 - Majalah BusinessNews.

7. Penghargaan TOP BUMD 2017 BEST OVER ALL - Majalah BusinessNews.

8. Penghargaan TOP CEO BUMD 2017 - Majalah BusinessNews.

9. Penghargaan Brand Finance & SWA - TOP 100 Best Valuable Indonesian Brands.

10. Penghargaan Contact Center Service Excellence Award 2017 - Excellent Service Performance.

11. Penghargaan Markplus.Inc - Ahmad Irfan as Bandung Marketing Champion.

12. Penghargaan Markplus.Inc - Ahmad Irfan as Marketeer of the Year.

Triwulan III

13. Penghargaan Annual Report Award Tahun Buku 2016 - Juara 1.

14. Penghargaan Bisnis Indonesia (BIFA) - The Best Perfoming Bank (BPD Category).

15. Penghargaan Indohousing - Most Excellent Service Performance Bank for Housing Loan Program.

16. Penghargaan Infobank - Titanium Trophy Bank Dengan Kinerja Keuangan Sangat Baik Selama Tahun 2016.

17. Penghargaan Koran SINDO - Inovasi Pelayanan (Program Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor).

18. Penghargaan Markplus - Silver Champion Bandung WOW Service Excellence Award 2017 (BUKU III).

19. Penghargaan PR Indonesia - Ahmad Irfan Best Communicators 2017.

20. Penghargaan SWA - Indonesia Best Public Companies 2017 (Rank 4th & Rank 9th Overall).

21. Penghargaan SWA - Indonesia Original Brand 2017 (Rank 1st).

22. Penghargaan SWA - The Indonesia Living Legend Companies.

23. Penghargaan Tempo - The Best Bank In Retail Banking Services (Kategori BPD).

24. Penghargaan Tempo - The Most Efficient Bank (Kategori BPD).

25. Penghargaan Tempo - The Most Reliable Bank (Kategori BPD).

Triwulan IV

26. Penghargaan 2017 - Award for bjb - Top IT Implementation on Payment of Local Government Taxes 2017 - itech.

27. Penghargaan 2017 - Award for bjb - Top Leader in IT Leadership 2017 - itech.

28. Penghargaan Majalah Forbes Indonesia - Best of the Best Award - Top 50 Companies 2017 -  Peringkat 18.

29. Penghargaan 2017 Award for bjb - RMOL JABAR - Golden Company Award - Ahmad Irfan.

30. Penghargaan IICD Corporate Governance Conference & Award - TOP 50 of the Biggest Market Capitalization Public Listed Companies.

31. Penghargaan International Council for Small Business (ICBS),  Indonesia Presidential Award 2017 Category Business Practioner.

32. Penganugerahaan Penghargaan sebagai salah satu Wajib Pajak dengan Pemberi Kontribusi Pajak Terbesar Tahun Pajak 2016.

33. Penghargaan Warta Ekonomi Best Banking Brand Award 2017 - Top 5 Best Consumer Choice Regional Development Bank.

34. Warta Ekonomi Indonesia Corporate Secretary Award - Top 10 GCG Issue In Banking Sector.

35. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) - BUMD Dengan Sistem Pengendalian Gratifikasi Terbaik.

36. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) - Lembaga Dengan Tingkat Kepatuhan LHKPN Terbaik Tahun 2017.

Tags:

Bank BJBBJBPenghargaan BJBPrestasi BJBAdvertorial