logo rilis
Kim Temui Xi di Beijing, Bahas Rencana Pertemuan dengan Trump
Kontributor
Syahrain F.
28 Maret 2018, 13:55 WIB
Kim Temui Xi di Beijing, Bahas Rencana Pertemuan dengan Trump
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan Cina Xi Jinping melakukan sesi foto di Beijing, kemarin (27/3/2018). FOTO: Xinhua/Ju Peng

RILIS.ID, Beijing— Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un melakukan kunjungan mengejutkan ke Cina, kemarin (27/3/2018). Kantor berita Cina Xinhua melaporkan, Kim merasa perlu untuk menyampaikan langsung ke Presiden Cina Xi Jinping mengenai perkembangan diplomasi antara Korut dengan Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS).

Kunjungan Kim itu merupakan yang pertama kalinya sejak dia naik ke tampuk kekuasaan pada 2011 lalu. 

Media-media internasional memberitakan, kunjungan tersebut juga membuktikan bahwa hubungan keduanya masih tetap kuat setelah Cina ikut mendukung sanksi keras PBB atas rangkaian uji coba nuklir Korut.

Analis dari Carneige-Tsinghua Center for Policy in Beijing Paul Haenle berpendapat, Xi pun ingin kunjungan luar negeri pertama Kim tidak ke negara lain, selain ke Cina.

"Cina sangat tidak nyaman bila Kim menemui Moon (Presiden Korsel) dan Trump sebelum menemui Xi," tutur Paul.

"Beijing memiliki kepentingan khusus dan pertaruhan besar, bagaimana pun hasilnya, mengenai pertemuan nanti (antara Kim dan Trump). Xi tidak ingin hanya duduk sebagai penonton," lanjut Paul seperti dikutip kantor berita Associated Press.

Sementara Xinhua memberitakan, Kim ingin mentransformasi hubungan antara Korut dan Korsel menjadi lebih kooperatif dan rekonsiliatif (perbaikan hubungan). Melansir dari Associated Press, di atas kertas antara Korsel maupun Korut belum benar-benar berdamai pasca-Perang Korea (1950-53).

Dengan kata lain, secara teknis keduanya masih dalam kondisi "perang", dan tidak diakhiri dengan perjanjian damai, namun hanya melalui gencatan senjata.

Kim, yang datang dengan istrinya, mengatakan menyambut positif rencana pertemuan dengan Trump Mei nanti. 


500
komentar (0)