logo rilis
Kim Jong-un Buka Suara soal Rencana Pertemuan dengan Trump
Kontributor
Syahrain F.
10 April 2018, 16:40 WIB
Kim Jong-un Buka Suara soal Rencana Pertemuan dengan Trump
Pemimpin Korut Kim Jong-un. FOTO: KCNA via Reuters

RILIS.ID, Seoul— Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un pada Selasa (10/4/2018) menegaskan bahwa dia menyambut baik rencana dialog dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Kantor berita KCNA milik Pyongyang menyebutkan, Kim membahas rencana konferensi untuk pertama kalinya secara terbuka--meskipun hal itu sudah diumumkan beberapa pekan lalu--ketika berkunjung ke Cina bulan lalu.

KCNA membuat analisis mendalam mengenai perkembangan hubungan utara-selatan saat ini dan prospek dialog AS-Korut.

Dalam hal ini, hubungan "utara-selatan" mengacu pada pertemuan antar-Korea yang dijadwalkan akan berlangsung pada 27 April.

Komentar Kim mengenai rencana pertemuan tersebut telah meningkatkan ekspektasi bahwa pertemuan-pertemuan terobosan akan berlanjut setelah ketegangan regional dan retorika agresif melingkupi negara tersebut selama bertahun-tahun.

Pengamat juga akan mengawasi dengan saksama setiap pernyataan Pyongyang saat Korut menggelar pertemuan tahunan parlemen pada Rabu nanti.

Sementara itu, Trump mengatakan dalam rapat kabinet pada Senin (9/4) bahwa pertemuan akan berlangsung "sekitar bulan Mei atau awal Juni."

Selain itu, seorang diplomat Korut menyatakan, denuklirisasi dapat diselesaikan dengan fase dan langkah-langkah yang tersinkronisasi.

Sumber: Anadolu Agency


500
komentar (0)