logo rilis
Kim Janji Tak Nuklir Korsel
Kontributor

07 Maret 2018, 14:19 WIB
Kim Janji Tak Nuklir Korsel
Pemimpin Korut Kim Jong-un menerima delegasi Korsel (tidak tampak) di Pyongyang, 5 Maret 2018. FOTO: KCNA via AP

RILIS.ID, Washington— Presiden AS Donald Trump menyambut positif pertemuan yang telah digelar antara delegasi Korsel dengan pemimpin Korut Kim Jong-un, dua hari lalu.

"Untuk pertama kali selama bertahun-tahun, semua pihak terlibat dan mengerahkan upaya serius. Sekarang dunia mengawasi dan menanti!" cuit Trump melalui akun Twitter-nya. 

"Mungkin ini adalah harapan palsu, tapi AS siap untuk semua kemungkinan!" lanjutnya.

Kantor berita Yonhap melaporkan, Korut berjanji tidak akan menggunakan senjata nuklir terhadap negara tetangganya.

"Korut berjanji tidak akan menyerang Korsel menggunakan senjata nuklir ataupun tradisional," kata Chung Eui-yong, kepala Badan Keamanan Nasional Korsel.

Eui-yong juga mengatakan, Korut akan menghentikan uji coba nuklir dan peluncuran rudal "selama perundingan antara AS dan Korut berlangsung".

Selain itu, kedua pemimpin Korea telah menyetujui akan mengadakan pertemuan pada bulan depan, lapor Yonhap. Kedua negara juga akan saling berkomunikasi guna memperbaiki hubungan militer dan mempermudah hubungan antara kedua negara.

Presiden Korsel Moon Jae-in dan pemimpin Korut Kim Jong-un direncanakan bertemu di zona aman Panmunjeom. Namun, rencana itu belum dikonfirmasi kembali oleh pihak Utara.

Secara terpisah, Wakil Presiden AS Mike Pence mengatakan Washington dan sekutu-sekutunya "tetap berkomitmen mendesak rezim Kim agar menghentikan program nuklir mereka".

"Sekarang, semua pilihan sudah diberikan dan sikap kami terhadap rezim itu tidak akan berubah sebelum melihat mereka mengambil langkah yang kredibel dan konkret menuju denuklirisasi," bunyi pernyataan Pence.

Sumber: Anadolu Agency




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID